Situs Tips Kesehatan dan Kecantikan Alami

10 Cara Mengusir Lalat Dengan Bahan Alami Yang Terbukti Ampuh

cara mengusir lalat

Apa yang Anda pikirkan ketika melihat lalat yang berkerumun di sekitar Anda atau makanan Anda? Pasti jijik dan membahayakan makanan yang sudah terlanjur dihinggapi lalat. Sebisa mungkin Anda menghindari lalat dan mengusirnya agar jangan sampai menghinggapi makanan Anda.

Mengapa lalat sangat tertarik mengerumuni makanan atau sisa makanan? Hal ini dikarenakan lalat membutuhkan protein yang ada di makanan untuk pertumbuhan, perkembangbiakan dan regenerasi sel yang rusak.

Di balik sisi negatif lalat ternyata lalat juga bermanfaat terhadap kehidupan manusia. Lalat adalah hewan yang sensitif terhadap bahan kimia melalui baik rasa dan maupun baunya. Anda pasti pernah melihat ada pedagang makanan yang dijajakan di pinggir jalan namun dagangannya tidak dikerumuni lalat satupun. Hal ini menunjukkan indikasi bahwa pedagang tersebut curang karena menggunakan bahan kimia seperti formalin atau boraks pada dagangannya. Dari jarak tertentu lalat dapat mencium bau bahan kimia yang membuatnya tidak mau hinggap di makanan tersebut.

Baca Juga: Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan

Namun Anda tetap harus sebisa mungkin menghindari lalat karena lalat adalah serangga yang sering sekali menyebabkan penyakit antara lain:

  • Menyebabkan penyakit typhus.
  • Lalat yang hinggap di tempat kotor lalu di makanan akan menyebarkan penyakit seperti diare, disentri, iritasi konjungtiva.
  • Virus dan bakteri yang dapat ditularkan yaitu salmonella, anthrax dan tuberculosis.
  • Telur cacing dapat juga berpindah ke tubuh manusia melalui perantara lalat.
  • Lalat yang terbang di negara-negara seperi Amerika Selatan, Afrika dan Eropa membawa mikroorganisme yang menyebabkan penyakit yang menyerang kulit yang dinamakan Leishmaniasis.

Cara Mencegah Lalat Masuk Rumah

Langkah pencegahan supaya lalat tidak masuk ke rumah atau agar tidak menghinggapi makanan Anda:

  • Bersihkan lantai secara berkala.
  • Cuci bersih semua peralatan masak dan peralatan makan setiap kali makan.
  • Pastikan semua makanan dan tempat sampah dalam keadaan tertutup sehingga lalat tidak dapat hinggap.
  • Jika Anda mempunyai usaha rumah makan gunakan tirai untuk menutupi makanan agar lalat tidak hinggap.

Cara Mengusir Lalat Dengan Bahan Alami

1. Perasaan jeruk nipis dikombinasikan dengan cengkeh

Caranya yaitu, perasaan jeruk nipis dan atau bubuk cengkeh dicampurkan saat mencuci peralatan masak dan peralatan makan. Letakkan potongan jeruk nipis dengan batang cengkeh di tengah potongan tersebut di sekitar makanan Anda. Ganti potongan ini setiap hari.

2. Menggunakan larutan garam

Caranya yaitu campurkan larutan garam pada saat mencuci peralatan masak dan peralatan makan. Larutan garam selain untuk mengusir semut juga secara langsung mengusir hewan lain dari rumah Anda seperti kecoak, lipan, kalajengking, tikus, ular dan hewan pengganggu lainnya. Larutan garam juga berfungsi sebagai desinfeksi membunuh jamur, bakteri dan virus dari permukaan meja

Baca Juga: Makanan Sehat Untuk Penderita Tifus

3. Membuat plastik kembung berisi air

cara mengusir lalat dengan plastik diisi air

Isi plastik bening  dengan air jernih hingga setengahnya, ikat dan biarkan dalam keadaan kembung kemudian di letakkan di bawah lampu di atas makanan yang rawan dihinggapi lalat. Manfaatnya adalah untuk membiaskan atau mengacaukan penglihatan lalat sehingga dia kehilangan arah dan kebingungan lalu pergi dari makanan Anda.

4. Memakai daun-daun yang beraroma

Letakkan dedaunan yang beraroma seperti  seperti kemangi, lavender, mint  di sekitar makanan sehingga lalat terganggu dengan baunya dan menghindari makanan tersebut. Hal ini karena bau dedaunan tersebut sangat menyengat bagi penciuman lalat.

5. Menanam tanaman pengusir serangga

Memanfaatkan tanaman pengusir serangga juga sangat efektif seperti tanaman tomat, lavender, tansy, pennyroyal, kantung semar atau rue dan lain-lain. Caranya yaitu dengan menanam tanaman tersebut di dalam pot lalu letakkan di sekitar rumah Anda.

6. Menyalakan lilin

cara mengusir lalat nyalakan lilin

Hawa lilin akan terasa sangat panas bagi lalat sehingga lalat tidak akan mendekati benda-benda sekitar lilin yang dinyalakan. Namun penggunaan lilin harus tetap berhati-hati agar terhindar dari bahaya kebakaran.

7. Menggunakan Cuka Apel

Penggunaan cuka apel dapat mengurangi kerumunan lalat buah karena hewan ini tertarik dengan bau makanan yang terfermentasi. Caranya adalah:

  • Panaskan cuka apel selama beberapa menit
  • Kemudian masukkan ke dalam toples tertutup yang sudah diberi lubang seukuran lalat masuk.
  • Letakkan toples tersebut di tempat biasanya lalat berkerumun, lalat akan teratarik dengan bau cuka dan masuk ke dalam toples.
  • Lalat akan terjebak dan tidak menemukan jalan keluar karena pembiasan kaca yang menimbulkan ilusi di mata lalat.

8. Menggunakan minyak aromaterapi

Bau minyak aromaterapi seperti pada minyak lavender akan membuat lalat tidak tahan dengan baunya dan mengusirnya secara langsung. Minyak aroma lain yang bisa dicoba antara lain citrus, peppermint atau lemongrass. Caranya adalah oleskan minyak pada spons kemudian letakkan di dekat makanan Anda atau lalat biasa muncul.

Baca Juga: Menu Sarapan Untuk Diet Sehat

9. Membuat semprotan larutan lemon

cara mengusir lalat semprotan larutan lemon

Tidak hanya untuk mengusir lalat, bau lemon yang segar akan menyegarkan aroma rumah Anda. Larutkan perasaan jeruk lemon dengan air hangat dan semprotkan di sudut-sudut rumah untuk membuat lalat tidak betah di tempat-tempat tersebut.

10. Membuat campuran larutan susu-gula-lada

Cara ini sangat efektif untuk lalat buah. Kandungan gula akan membuat lalat mendekat dan terjebak dalam larutan ini. Caranya yaitu:

  • Panaskan susu ke dalam panci lalu masukkan sedikit gula dan lada.
  • Aduk selama 10-15 menit kemudian letakkan pada mangkok sup di meja makan Anda.
  • Lalat akan lebih tertarik pada campuran ini dan ketika hinggap di atas campuran, lalat akan terjebak dan tenggelam.

Hal terpenting agar lalat tidak banyak berkerumun di rumah Anda yaitu dengan cara selalu menjaga kebersihan rumah dan menutup rapat makanan yang berpotensi dihinggapi lalat. Jika masih saja ada lalat yang membandel, langkah-langkah di atas dapat dicoba. Selamat mengusir lalat dari kehidupan Anda!

Pencarian Masuk:

  • Cara mengusir lalat
  • cara menghilangkan lalat
  • cara mengusir
  • cara membasmi lalat
  • cara ampuh mengusir lalat
  • mengusir lalat
  • pengusir lalat
  • cara usir lalat
  • cara mengusir lalat secara alami
  • cara alami mengusir lalat
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.