Situs Tips Kesehatan dan Kecantikan Alami

4 Buah Untuk Penderita Diabetes Dengan Indeks Glikemik Yang Rendah

buah untuk penderita diabetes

Buah untuk penderita diabetes – Diabetes adalah suatu kondisi di mana jumlah glukosa dalam darah terlalu tinggi karena tubuh tidak bisa memanfaatkannya dengan benar. Hal ini karena pankreas tidak memproduksi insulin, atau memproduksi insulin dengan jumlah yang sangat kecil. Insulin berguna untuk membantu glukosa masuk kedalam sel – sel tubuh. Tapi pada penderita diabetes, insulin yang dihasilkan tidak bekerja dengan baik.

Dengan jumlah glukosa yang tinggi, penderita diabetes harus memilih asupan makanannya dengan baik. Makanan sehat seperti sayur atau buah pun harus di seleksi kembali guna menjaga glukosa dalam darah tidak semakin tinggi.

Untuk mengetahui besaranya kadar gula pada sebuah bahan makanan. Para peneliti makanan membuat sebuah perhitungan atau pengukuran pada makanan yang mengandung karbohidrat dan dampaknya terhadap gula darah tubuh yang diberi nama indeks glikemik atau disingkat (GI) dalam bahasa inggris. Indeks glikemik adalah ukuran yang digunakan untuk mengukur kadar gula pada makanan.

Baca Juga: Makanan Untuk Penderita Diabetes Tanpa Harus Diet Ketat

Indeks glikemik memiliki 3 tingkatan makanan berdasarkan kadar gula yang dapat dihasilkan. Yang pertama adalah rendah dengan nilai indeks antara 0-55. Berikutnya adalah tingkatan sedang atau medium dengan nilai antara 56-69 dan indeks tinggi dengan nilai 70-keatas. Ada pula tingkatan ekstra rendah yang hanya memiliki nilai indeks dibawah 20, tapi tidak dapat kita temukan dalam jenis buah-buahan.

Buah Untuk Penderita Diabetes Yang Bisa Dikonsumsi

Buah pun yang kita ketahui memiliki banyak nutrisi yang baik harus dimakan pada kondisi yang segar, bukan dalam bentuk olahan. Buah olahan lebih cepat diserap dalam tubuh dan sayangnya juga dapat meningkatan kadar gula dalam darah. Tentu saja ada beberapa buah yang juga memiliik nilai indeks glikemik yang rendah, yang mana baik unutk dikonsumsi. Berikut macam-macam buah untuk penderita diabetes yang baik untuk dikonsumsi;

1. Apel

buah untuk penderita diabetes apel

Apel adalah jenis buah yang sangat serbaguna. apel dapat dimakan kapan pun, baik itu pagi siang ataupun malam. Menurut indeks glikemik, apel memiliki kadar gula yang bernilai 36. Selain memiliki nilai rendah pada indeks glikemik, apel juga merupakan buah yang kaya akan serat. Serat pada makanan tentunya juga baik untuk penderita diabetes karena serat membuat karbohidrat membutuhkan waktu yang lebih lama untuk berubah menjadi gula, yang mana tidak akan meberikan perubahan signifikan pada darah.

Kandungan gula yang tidak begitu tinggi itu membuat apel baik untuk dikonsumsi. Fakta bahwa apel dapat dikonsumsi dengan mudah juga merupakan faktor pendukung mengapa buah ini baik untuk dikonsumsi. Selain menawarkan rasa yang enak, apel bisa dikonsumsi langsung tanpa harus mencampurkan dengan bahan makanan lain.

2. Jeruk Bali

buah untuk penderita diabetes jeruk bali

Pada dasarnya, jeruk bali merupakan buah yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Jeruk bali sebenarnya juga merupakan buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi guna mencegah seseorang menjadi penderita diabetes.

Pada indeks glikemik, jeruk bali hanya memiliki nilai 25 dari maksimum nilai. Dengan jumlah poin tersebut menempatkan jeruk bali diposisi terendah pada tabel GI dibagian buah-buahan.

Sebuah penelitian menunjukan kalau jeruk bali bisa menurunkan kadar gula darah seperti layaknya obat metformin, obat yang banyak digunakan untuk mengobati penderita diabetes tipe 2. Perlu diketahui, diabetes tipe 2 merupakan fase selanjutnya dari penyakit diabetes. Dalam tipe ini, pankreas tidak lagi memproduksi insulin atau sel-sel tubuh tidak bereaksi lagi dengan insulin.

Baca Juga: Tips Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

3. Buah Pir

buah untuk penderita diabetes pear

Buah berikutnya yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes adalah buah pir. Secara garis besar, buah pir mempunyai kandungan gizi dan nutrisi hampir mirip dengan buah apel. Tapi pir lembih memilki banyak kandungan serat didalamnya.

Serat makanan membantu mengurangi kadar kolesterol, mengontrol berat badan dan juga gula darah agar tetap rendah. Serat pada pir dapat memperlambat penyerapan karbohidrat ke dalam aliran darah, yang mana dapat mengurangi resiko linjakan kadar glukosa dalam darah secara signifikan.

Dengan indeks glikemik diangka 38, buah pir dapat dikatakan sebagai salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi, terlebih bagi penderita diabetes. Yang lebih memudahkan lagi, buah pir bisa dengan mudah dikonsumsi karena selain memiliki rasa yang enak, pir juga cocok konsumsi sehari-hari.

4. Buah Plum

plums

Bauh terakhir yang memiliki nilai indeks glikemik yang lumayan rendah adalah buah plum. Dengan nilai indeks glikemik yang hanya sekitar 29, buah plum merupakan buah terbaik kedua setelah jeruk bali untuk dikonsumsi para penderita diabetes.

Seperti halnya buah-buah yang lain, buah plum juga memiliki kandungan karbohidrat yang baik dengan kandungan serat yang cukup besar. Seperti yang telah diketahui, serat sangat baik unutk dikonsumsi karena dapat mengikat karbohidrat lebih lama sebelum berubah menjadi gula.

Masih banyak lagi buah yang termasuk golongan rendah pada daftar Glycemic Index atau disingkat GI,  seperti pisang yang memiliki nilai 48, jeruk yang memiliki nilai 45, buah perisik dengan nilai 42 dan bebarapa buah yang lain. Dengan menjaga kadar gula darah tetap rendah, penderita diabetes bisa secara perlahan mengobati penyakit diabetes tersebut.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.