Situs Tips Kesehatan dan Kecantikan Alami

11 Cara Mencegah Jerawat Datang Kembali Yang Bisa Anda Lakukan

cara mencegah jerawat

Jerawat sebenarnya merupakan kejadian alami, terutama pada wanita yang cenderung mengalami ketidakstabilan hormon. Meskipun demikian, tetap saja memiliki jerawat apalagi yang berulang terasa menyebalkan karena mengurangi keindahan kulit dan rasa percaya diri.

Baca Juga: Cara Memutihkan Kulit Leher Yang Ampuh

Cara Mencegah Jerawat Datang Kembali

Berikut ini merupakan cara mencegah jerawat datang kembali yang dapat Anda aplikasikan.

1. Jangan pernah terpancing godaan untuk memencet jerawat Anda.

Kita tidak sedang hanya berusaha menyingkirkan jerawat, namun kita ingin melenyapkannya dengan baik. Memencet jerawat dapat beresiko meninggalkan bekas (acne scar) yang lebih sulit lagi diatasi dengan cara alami bahkan tangan atau alat yang kotor terutama bila tidak dilakukan secara professional akan menambah infeksi pada bekas jerawat yang terbuka.

2. Gunakan es batu

cara mencegah jerawat es batu

Tekan perlahan area yang bekas jerawat dengan es batu selama kurang lebih 5 menit saja, istirahatkan selama 5 menit berikutnya dan terus lakukan secara berselang seling selama setengah jam. Ulangi siklus ini sesering mungkin. Gunakan masker jenis clay pada area tersebut. Masker jenis ini akan mendetoksifikasi kulit, mengurangi efek inflamasi secara signifikan, menurunkan kadar minyak serta tidak menyebabkan pori-pori tersumbat.

3. Menggunakan scrub wajah

Cobalah untuk membersihkan kulit dari sel-sel mati dengan melakukan scrub secara teratur. Scrub bisa dilakukan dengan menggunakan produk terpercaya di pasaran atau dengan bahan alami. Bahan alami di dapur yang dapat digunakan untuk scrub antara lain adalah kopi dan gula, tambahkan lotion ringan untuk mempermudah aplikasi scrub ini di kulit anda serta jangan lupa dioles dengan pijatan ringan melingkar.

4. Perhatikan jadwal menstruasi

Bagi Anda yang wanita dan menyadari kehadiran jerawat pada saat jadwal bulanan Anda, perhatikan waktu pembentukannya sehingga Anda dapat mempelajari polanya. Hindari atau batasi konsumsi gula dan garam, tingkatkan kualitas tidur serta jaga diri Anda dari berbagai penyebab stress pada pola waktu tersebut.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Pada Daerah Kewanitaan Yang Alami dan Aman

5. Hindari makanan pencetus

Lakukan hal-hal sederhana seperti melap layar ponsel Anda secara teratur atau gunakan earphone/headset saat menelpon dengan tisu anti bakteri, gunakan sarung bantal yang bersih serta upayakan untuk tidak terlalu sering mengusap wajah Anda dengan tangan. Tangan anda sangat mudah sekali terpapar dengan area dimana bakteri kerap berkumpul, seperti gagang pintu, remot televisi, laptop, gagang setir bahkan uang. Menyentuh wajah dengan tangan Anda hanya akan memberi kesempatan bakteri-bakteri tersebut berpindah ke wajah Anda.

6. Bersihkan wajah secara teratur

cara mencegah jerawat cuci muka

Meskipun tidak atau belum berjerawat, bersihkan wajah Anda secara teratur. Cucilah muka setidaknya dua kali sehari, jangan pula terlalu sering karena akan menghilangkan kelembaban alami kulit. Tujuannya adalah untuk menghilangkan sel-sel mati, debu dan minyak berlebihan dari permukaan kulit Anda.

Gunakan air hangat dan sabun pembersih ringan, bukan sabun pewangi yang biasanya diperuntukan untuk tubuh karena dapat memperparah kondisi inflamasi dan menyebabkan iritasi yang lebih parah. Sebaiknya usaplah muka menggunakan tangan dengan lembut, tidak perlu dengan waslap apalagi loofah serta sebaiknya keringkan dengan handuk sekali pakai.

7. Gunakan pelembab

Seringkali orang mengira bahwa kulit berjerawat tidak memerlukan pelembab, namun hal itu tak sepenuhnya benar. Alasan menghindari pelembab adalah karena kandungan minyak wajah dianggap akan semakin bertambah dengan adanya pelembab, maka pilihkah pelembab dengan label ‘non-comedogenic’ karena biasanya pelembab dengan label ini memang diperuntukan kepada kulit berminyak.

Produk untuk jerawat umumnya memiliki bahan yang sama yaitu benzoyl peroxide, salicylic acid, glycolic acid atau lactic acid yang membedakannya adalah kadar masing-masing, sehingga tidak masalah jika Anda perlu mencoba beberapa produk dengan kandungan yang sama hingga menemukan proporsi bahan yang sesuai dengan kulit Anda.

Baca Juga: Penyebab Sering Buang Air Kecil Pada Wanita Yang Tidak Normal

8. Batasi make up

Jika tidak terlalu memerlukannya, jangan gunakan make up namun jangan lupa menggunakan pelembab. Namun, bila pekerjaan Anda menuntut untuk terus berdandan, bersihkan secara teratur alat make up Anda dan hapus make up sebelum Anda tidur. Sebisa mungkin pilih kosmetik dengan kandungan oil-free dan kandungan kimia tambahan yang tidak terlalu penting.

9. Awasi rambut Anda

Rambut biasanya memerlukan gel, pomade, minyak atau parfum tertentu sehingga paparan rambut pada kulit wajah atau punggung akan menyebabkan jerawat. Jika tidak terlalu perlu, hindari penggunaan bahan kosmetik tersebut di rambut  Anda atau ikatlah dengan baik.

10. Jaga asupan makanan Anda

Pilih jenis makanan yang tepat agar kulit Anda sehat. Biasanya jenis makanan yang baik bagi jantung Anda selalu kompak dengan manfaat bagi kulit Anda. Menghindari makanan olahan seperti pizza, burger, susu atau produk olahan susu seperti keju perlu untuk Anda pikirkan. Tidak perlu sama sekali berhenti, tapi cobalah perlahan mengurangi porsinya. Jangan lupa tambahkan buah-buahan dan sayuran dalam menu harian Anda, kandungan alami pada sayur dan buah-buahan bermanfaat untuk menjaga kulit tetap sehat.

11. Konsultasi dengan dokter

Jika spot yang sama terus menerus terjadi jerawat selama 2-3 kali dalam sebulan, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit karena bisa jadi itu bukan jerawat biasa melainkan kista. Biasanya Anda akan diberikan injeksi kortison di area yang membengkak untuk mengatasinya. Biasakan diri Anda melakukan tindakan seperti ini di pelayanan kesehatan terpercaya dengan tenaga kesehatan sungguhan, jangan sampai niat untuk berhemat membuat Anda celaka.

Nah, sekarang Anda tahu apa yang harus dilakukan untuk mencegah jerawat. Silahkan bagikan artikel ini bila Anda menilai tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan orang-orang yang Anda cintai.

Pencarian Masuk:

  • cara mencegah jerawat
  • cara menghindari jerawat
  • makanan yang menimbulkan jerawat
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.