Situs Tips Kesehatan dan Kecantikan Alami

8 Cara Mengatasi Perut Kembung Dengan Mudah, Ampuh Dan Alami

cara mengatasi perut kembung

Perut kembung memang seringkali mengganggu aktivitas. Rasa gas yang penuh di dalam perut membuat nafsu makan menghilang. Perut kembung dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti demam, muntah-muntah, konstipasi atau diare, efek alergi, dan sebagainya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk

Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami

Perut kembung harus lekas ditangani sehingga pencernaan pun normal kembali. Beberapa hal yang dapat mengatasi perut kembung secara alami antara lain  mengonsumsi jahe, labu, air lemon, mentimun, pisang, pepaya, makan dengan perlahan, serta menghindari makanan yang banyak mengandung gas. Berikut penjelasannya:

1. Jahe, Sang Penjinak Perut

cara mengatasi- perut kembung dengan jahe

Baik Anda sedang menderita mual-mual atau berjuang melawan perut yang tidak enak karena sedang flu, atau mengalami pencernaan kurang lancar, jahe adalah salah satu penjinak pergolakan di dalam perut. Jahe dapat mengobati hampir keseluruhan berbagai penyakit perut.

Hal ini dikarenakan di dalam jahe terkandung dua elemen penting, yaitu gingerol dan shagaol. Kedua elemen ini dapat merelaksasi jalur sistem pencernaan serta meredakan peradanagan. Selain itu, dua elemen tersebut mampu mengeluarkan gas dari dalam perut serta mencegah pembentukan gas berlebihan.

Salah satu cara mengonsumsi ekstrak jahe yang paling enak adalah dengan mencampurkannya dengan madu dan lemon. Berikut contohnya :

  • Kupas sedikit rimpang jahe berukuran satu ruas jari. Potong kecil atau parut jika suka.
  • Rebus jahe dengan air sebanyak 2 gelas, hingga berkurang airnya menjadi satu gelas.
  • Gunakan air rebusan jahe untuk menyeduh teh. Tambahkan perasan lemon dan madu jika Anda suka.
  • Minum larutan tersebut sebelum dan sesudah makan untuk melancarkan pencernaan.

2. Makan Labu

Gas di dalam perut biasanya diakibatkan oleh pencernaan yang kurang lancar. Salah satu penyebabnya adalah mengonsumsi serat berlebihan.  Serat cukup sulit untuk dicerna pada lambung, sehingga akan langsung masuk ke usus dalam jumlah besar. Dari usus kecil, kemudian serat masuk ke dalam usus besar dimana terdapat bakteri yang dapat menghasilkan gas dari serat tersebut, kemudian Anda akan merasa kembung jika jumlah gas terlalu banyak.

Memakan labu dapat membantu mengatasi perut kembung secara alami, karena labu dapat mengikat gas pada lambung yang membuat Anda merasa kembung. Anda dapat memasak labu dengan berbagai cara seperti dipanggang, diuapkan, atau digabungkan dalam masakan lain.

3. Makan Secara Perlahan

Pada kebanyakan kasus, gas terbentuk di dalam sistem pencernaan karena makanan yang kita masukkan menghadapi saat-saat yang sulit untuk dipecah. Hal ini dapat dikarenakan saat mengunyah Anda terburu-buru sehingga sistem pencernaan membutuhkan usaha lebih untuk mencerna makanan Anda, yang kemudian dapat menyebabkan timbulnya gas.

Oleh karena itu, mulai saat ini cobalah mengunyah 20 kali sebelum Anda menelan makanan Anda, sehingga sudah lumat dan mudah dicerna oleh organ pencernaan. Jika makanan lebih cepat dicerna, tidak ada makanan yang menumpuk pada usus dan Anda pun bebas dari gas berlebih yang membuat kembung.

4. Minum Air Lemon

cara mengatasi perut kembung dengan air lemon hangat

Segelas air lemon hangat setiap paginya dapat membantu mengatasi masalah perut kembung. Perut kembung terkadang sakit, air lemon hangat ini dapat membantu mengurangi rasa sakitnya. Asam klorida (HCl) yang terdapat di dalam air lemon juga dapat menstimulasi produksi asam lambung.

Semakin banyak asam lambung, semakin mudah tubuh mencerna makanan. Selain itu air hangat juga membantu menyapu makanan melewati sistem pencernaan sehingga lebih cepat dicerna. Selain itu, manfaat lain mengonsumsi lemon adalah dapat membantu enzim yang dikeluarkan hati bekerja lebih efisien dalam mendetoksifikasi tubuh.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Lendir Di Tenggorokan

Untuk membuat air lemon, Anda memerlukan 3 buah lemon berukuran sedang dan secangkir air hangat. Potong-potong buah lemon sehingga mudah diperas airnya, kemudian peras ke dalam air hangat. Jumlah buah lemon bisa diubah sesuai keinginan Anda, namun pastikan air menjadi keruh dengan ditambahkannya lemon. Minum pagi-pagi sebelum Anda memakan apapun untuk menghindari rasa kembung pada perut.

5. Kurangi Konsumsi Makanan Mengandung Gas

Beberapa makanan secara alami ketika dicerna akan menghasilkan gas di dalam sistem pencernaan yang kemudian dapat membuat perut Anda kembung. Hindari sayur-sayuran berupa brokoli, kembang kol, kubis, dan asparagus.

Hindari pula roti yang juga mudah sekali membentuk gas di dalam lambung. Susu beserta produk olahannya dari mulai keju hingga yoghurt juga sementara perlu Anda hindari, karena kandungan laktosanya yang cukup lambat untuk dicerna.

Minuman seperti soda dan bir juga sementara perlu Anda hindari. Cukup jelas ya, karena minuman tersebut walau menyegarkan mengandung cukup banyak gas yang dapat terjebak di dalam sistem pencernaan.

6. Konsumsi Mentimun

Mentimun seringkali digunakan sebagai masker mata, namun, setelahnya Anda dapat memakan langsung buah mentimun yang sangat baik untuk kesehatan perut. Mentimun mengandung quercetin, antioksidan flavonoid yang dapat membantu mengatasi rasa kembung. Jadi, jangan lupa sertakan mentimun sebagai lalapan pada makan siang Anda, atau buat infused water dengan isian menntimun ya untuk mengurangi perut kembung.

7. Pisang

cara mengatasi perut kembung dengan buah pisang

Buah yang kaya akan kalium sangat baik untuk mengatasi perut kembung, salah satunya adalah buah pisang. Kalium dapat mencegah penumpukan air dengan mengatur kadar natrium di dalam tubuh, kemudian mengurangi rasa kembung karena tingginya kadar garam. Buah pisang juga memiliki serat yang dapat larut dalam air sehingga dapat mencegah konstipasi, salah satu penyakit yang menyebabkan perut kembung.  Selain pisang, makanan yang mengandum kalium dalam jumlah tinggi antara lain alpukat, kiwi, jeruk, dan kacang-kacangan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

8. Pepaya

Di dalam buah pepaya, terkandung enzim papain yang dapat membantu memecah protein di dalam saluran pencernaan. Oleh karena sebab ini pula, daun pepaya banyak digunakan untuk melunakkan daging sebelum dimasak agar nantinya tidak alot dan mudah dimakan. Pepaya juga merupakan salah satu buah tropis yang memiliki sifat anti peradangan, juga serat seperti pisang yang dapat membantu proses pencernaan.

Itulah tadi 8 macam makanan yang harus dimakan dan harus dihindari untuk mengatasi perut kembung secara alami. Semuanya mudah didapat, bukan?

Pencarian Masuk:

  • cara mengatasi perut kembung
  • mengatasi perut kembung
  • cara mengobati perut kembung
  • perut kembung
  • cara mengatasi kembung
  • cara menghilangkan perut kembung
  • cara menyembuhkan perut kembung
  • cara menghilangkan kembung
  • mengobati perut kembung
  • cara mengatasi perut
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.