Situs Tips Kesehatan dan Kecantikan Alami

7 Mengatasi Vertigo Dengan Cepat dan Efektif Yang Perlu Anda Tahu

cara mengatasi vertigo

Pernahkah anda merasa pandangan mata kabur dan membuat dunia seakan-akan berputar? Atau anda merasakan pusing yang amat sangat hingga tidak bisa menjaga keseimbangan anda sendiri? Jika anda pernah merasakan hal ini, ada kemungkinan besar anda menderita gejala vertigo, sebuah gejala yang di akibatkan perubahan abnormal pada telinga bagian dalam.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Hemoglobin Pada Darah

Cara Mengatasi Vertigo

Vertigo bukanlah sebuah kelainan atau penyakit, tapi lebih merupakan gejala untuk penyakit lainnya. Penelitian menemukan bahwa 40% orang di atas 40 tahun menderita vertigo setidaknya sekali dalam seumur hidupnya. Nah, jika anda mengalami vertigo ini anda jangan langsung panik. Ada beberapa cara untuk mengatasi vertigo dengan cepat dan mudah, sekaligus cara untuk mencegahnya terjadi lagi. Simak terus artikel kami di bawah ini yah!

1. Terapi Fisik

Untuk orang yang sering mengalami vertigo, salah satu penanganan yang paling membantu adalah rehabilitasi vestibular. Rehabilitasi vestibular ini merupakan salah satu jenis terapi fisik untuk memperbaiki kinerja organ vestibular (organ dalam telinga). Pada penderita vertigo, terapi ini berguna untuk memperbaiki sistem kerja syaraf antar organ dan mengembalikan keseimbangan.

Biasanya terapi fisik berupa rehabilitasi vestibular ini akan berbentuk olahraga ringan dan berat. Tujuannya adalah untuk membuat kordinasi mata dan tangan yang baik, meningkatkan keseimbangan, dan menguatkan sendri dan otot. Selain itu, tubuh akan buat semakin kuat dan sehat, yang membuat tubuh dan pikiran dapat beristirahat lebih efektif.

2. CRP (Canalith Repositioning Procedure)

Ada beberapa jenis gerakan yang bisa dilakukan untuk mengatasi vertigo, salah satunya adalah CRP ini. CRP ini merupakan sejenis teknik gerakan yang dapat membantu menggerakan batu telinga (calcium deposits) keluar dari area yang bermasalah. CRP ini sangat efektif digunakan pada penderita vertigo, dimana 80% orang dengan tipe vertigo tipe BPPV sembuh dengan total. Gerakan CRP juga akan membantu mencegah terjadinya vertigo dimasa depan.

Bagaimana cara kerjanya? Pada saat kepala bergerak dengan cara tertentu, kanal telinga akan bergerak sedemikan rupa yang membuat rasa pusing segera berhenti. Namun sayangnya, kanal telinga setiap orang pasti berbeda-beda sehingga tidak ada satu cara kesatuan dalam melakukan CRP ini. Anda bisa berkonsultasi ke dokter bagaimana cara melakukan CRP dengan aman secara cepat dan tanpa rasa sakit.

3. Mengurangi Stress

Stress dan peradangan, kedua hal ini terbukti dapat meningkatkan resiko terjadinya vertigo. Stress akan membuat sistem imun tidak bekerja dengan normal, yang memungkinkan terjadinya infeksi pada telinga bagian dalam. Semakin stress seseorang, semakin sulit pula untuk menggerakan tubuh dan mendapatkan tidur yang berkualitas. Kedua hal ini tentu saja akan menaikan kemungkinan terjadinya vertigo secara drastis.

Jika dirasa anda menderita vertigo dikala stress, cobala untuk meredam kadar stress anda. Coba berbagai macam olahraga seperti yoga, atau mencoba bermeditasi. Mandi air hangat, menggunakan minyak esensial dan sering berkegiatan diluar ruangan juga sudah terbukti dapat mengurangi kadar stress.

4. Makan Sehat dan Selalu Terhidrasi

cara mengatasi vertigo dengan ikan laut

Beberapa dokter biasanya akan memberikan resep obat untuk penderita vertigo, yang efeknya akan mengurangi peradangan dan infeksi pada telinga. Namun ternyata, hal ini tidaklah akan memecahkan masalah dalam jangka panjang. Aspek krusial yang harus diperhatikan oleh penderita vertigo adalah membatasi peradangan yang terjadi dalam tubuh, dan mencegah dehidrasi.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Lendir Di Tenggorokan

Caranya bisa dibilang cukup sederhana, namun sebenarnya sulit dilakukan : Makan sehat dan selalu ingat minum air. Jenis makanan yang bersifat anti peradangan alami seperti sayur-sayuran hijau, pisang, dan alpukat dapat menjaga gulah darah tetab stabil. Sumber lemak baik seperti ikan laut, minyak kelapa dan telur ayam kampung juga dapat membuat badan menjadi lebih sehat.

Namun jangan lupa, anda harus tetap meminum banyak air putih setiap harinya. Hindari kafein dan akoloh yang berlebihan, karena hal tersebut akan membuat gula darah menjadi naik dan menyebabkan mual-mual.

5. Tetap Aktif, Banyak Istirahat

Orang-orang yang kekurangan tidur dan kurang bergerak akan memiliki lebih besar kemungkinan untuk terkena vertigo. Usahakan penuhi waktu tidur yang sehat setiap harinya selama 7-8 jam, agar esok harinya tubuh dapat bekerja dengan optimal. Anda juga harus sering bergerak berolahraga dan menggerakan otot-otot pada tubuh. Olahraga juga akan bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah, dan mengontrol stress.

Apabila anda selalu mengalami pusing sesaat bangun dari tidur, coba untuk tidur dengan menggunakan bantal yang lebih tinggi. Pastikan juga anda bangun secara perlahan, tidak tidak terkena cahaya terang secara tiba-tiba. Biasakan untuk duduk dulu di pinggir tempat tidur selama beberapa menit agar kepala dan telinga tidak bereaksi secara tiba-tiba.

6. Konsultasi Pada Dokter

Vertigo bukanlah satu-satunya alasan anda merasa pusing. Namun jika anda sering mengalami rasa pusing, sudah sebaiknya anda berkonsultasi pada dokter untuk mencari penyebabnya. Beberapa alasan seperti kekurangan vitamin B12, tekanan darah rendah, gejala anemic, kompilkasi jantung dan bahkan rasa cemas dapat menjadi penyebab pusing.

Anda juga jangan langsung mengkonsumsi obat pusing atau penahan rasa sakit. Ada beberapa jenis obat yang bisa memicu vertigo, atau membuat pusing semakin parah. Karena itulah, sudah sebaiknya anda berkonsultasi untuk menemukan penyebab dan obat terbaiknya.

Baca Juga: Makanan Untuk Penderita Diabetes Tanpa Harus Diet Ketat

7. Mengatasi Gejala Vertigo

Perlu diingat, vertigo dapat datang kapan saja tanpa diingat. Jika gejala vertigo tiba-tiba menyerang anda, ada beberapa hal yang harus anda lakukan :

  • Jangan lakukan apapun selagi anda mengalami serangan vertigo. Hentikan semua aktifitas anda, apalagi jika anda sedang menyetir, berolahraga atau sedang berjalan.
  • Duduk atau berbaring secepatnya apabila anda mengalami rasa pusing yang amat sangat
  • Jangan langsung bangun sedari anda duduk. Bangun dengan perlahan agar darah dalam tubuh dapat mengalir secara sempurna.
  • Jika dirasa masih terasa sakit, segera hubungi dokter.
  • Vertigo memang menyeramkan, namun bukan berarti anda harus menyerah. Lakukan langkah-langkah preventif seperti memakan makanan sehat, rajin berolahraga, dan istirahat yang cukup agar vertigo tidak menyerang secara tiba-tiba.

Vertigo merupakan gejala yang terjadi akibat ada perubahan abnormal pada organ dalam telinga seseorang. Ada beberapa cara untuk mengatasi vertigo ini, seperti terapi fisik dan CRP. Mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang dapat menstabilkan tekanan darah pun akan sangat membantu, apalagi jika penderita rutin bergerak dan berolahraga. Istirahat dan tidur cukup selama 7-8 jam pun menjadi hal yang wajib dilakukan agar vertigo tidak datang menyerang secara tiba-tiba.

Pencarian Masuk:

  • cara memanjangkan bulu mata dengan cepat loc:ID
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.