Situs Tips Kesehatan dan Kecantikan Alami

9 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Dengan Cepat Dan Mudah

cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk

Gigitan nyamuk sudah banyak diketahui oleh semua orang sebagai penyebab beberapa penyakit mulai dari alergi ringan hingga penyakit mematikan seperti demam berdarah. Meskipun ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar nyamuk tidak berkembang biak di sekitar rumah, Anda harus tetap melindungi diri dari gigitan nyamuk.

Untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu gejala yang ditimbulkan:

Akibat Gigitan Nyamuk:

  • Muncul bentol-bentol pada kulit.
  • Terdapat ruam berwarna merah atau pink pada kulit.
  • Bengkak dan gatal.
  • Timbul luka pada sekitar area yang digigit.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Yang Ampuh Dan 100% Alami

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Banyaknya nyamuk bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti adanya genangan air di sekitar rumah yang menjadi sarang nyamuk. Cuaca yang lembab dan panas pun bisa jadi salah satu alasan mengapa banyak nyamuk yang menggigit Anda. Pada saat cuaca panas dan tubuh berkeringat lebih banyak dari biasanya, nyamuk-nyamuk ini akan tertarik dan menggigit tubuh Anda. Oleh karena itulah, di sini kami akan memberikan beberapa cara untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan mudah dan alami.

1. Teh Hijau

cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan teh hijau

Teh hijau sudah lama diketahui khasiatnya sebagai obat alami untuk mengatasi peradangan pada kulit. Selain kandungan antioksidan yang tinggi, ternyata teh hijau ini bisa berfungsi sebagai antiseptic yang kuat. Ya, teh hijau juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk agar tidak gatal yang berujung menjadi luka. Untuk menggunakannnya, kamu bisa mencelupkan teh hijau sachet pada air dingin dan aplikasikan pada area gigitan nyamuk.

2. Aloe Vera

Tumbuhan hijau yang penuh manfaat ini memiliki kandungan yang dapat membantu memperbaiki sel-sel dalam tubuh, terutama kulit dan rambut. Anda bisa membalurkan isi dari aloe vera ini pada daerah bekas gigitan nyamuk agar tidak gatal dan tidak menyebabkan ruam. Aloe vera ini akan memberikan sensasi dingin yang secara langsung akan dirasakan pada saat menyentuh kulit.

3. Lemon

Dari mulai persoalan mengangkat lemak hingga menghilangkan bekas gigitan nyamuk, lemon sudah jelas memiliki banyak manfaat. Kandungan citric acid yang ada pada lemon dapat bekerja sebagai pendingin dan pencegah ruam pada bekas gigitan nyamuk. Bekas ini akan sembuh dan hilang dengan cepat, sebelum gatal menyerang bagian kulit lainnya. Anda cukup mengoleskan sedikit lemon segar pada bagian bekas gigitan nyamuk, dan efeknya akan dirasakan dengan cepat.

4. Oat

Oat yang terbuat dari gandum utuh ini memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan, dimana kandungan ini akan membuat tubuh lebih kuat dan sehat. Makanan ini pun memiliki kandungan anti-peradangan alami yang sekaligus dapat menghaluskan dan memutihkan kulit. Anda bisa menggunakan pasta campuran oat dan air hangat pada bagian bekas gigitan nyamuk untuk menghilangkan rasa gatal dan bengkak nya.

5. Madu

cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan madu

Madu memiliki kandungan antiseptic alami yang sudah dikenal sejak zaman dahulu kali. Salah satu kegunaan madu yang bermanfaat adalah kandungannya yang mampu menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan cepat. Namun jika Anda ingin menggunakan madu, pastikan terlebih dahulu Anda tidak akan keluar rumah. Aroma manis dari madu memang akan membuat nyamuk menjauh, namun seranggga-serangga lain malah akan semakin mendekat.

Baca Juga: Cara Mengobati Kencing Batu Tanpa Obat 100% Bahan Alami

6. Pasta Gigi

Bekas gigitan nyamuk yang parah dapat menimbulkan bekas luka pada kulit. Namun, hal ini bisa cegah dengan membalurkan pasta gigi pada daerah bekas gigitan nyamuk. Setelah di balurkan, tunggu hingga kering dan baru setelahnya bilas dengan air. Anda akan mendapati perubahan warna kulit yang tadinya gelap menjadi terang, dan bekas gigitan nyamuk pun turut hilang.

7. Baking Soda

Baking soda bisa digunakan sebagai bahan yang efektit untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk, sekaligus untuk mencegah nyamuk mendekati Anda. Cara menggunakannya pun sangat mudah, cukup campurkan satu sendok makan baking soda dengan satu mangkok air hangat dan balurkan pada bekas gigitan nyamuk dengan menggunakan spon atau kapas. Menebar baking soda pada daerah yang terkena genangan air pun efektif dapat mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah Anda

8. Bawang Putih

cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan bawang putih

Memang tidak ada penelitian ilmiah yang mengatakan bahwa bawang putih dapat secara efektif menangkal nyamuk yang masuk kedalam rumah Anda. Akan tetapi, kandungan yang ada di dalam bawang putih akan berfungsi sebagai obat antiseptic yang bisa menyembuhkan luka ringan. Anda bisa mengoleskan bawang putih mentah pada kulit bekas gigitan nyamuk. Setelah di balurkan memang akan terasa sedikit terbakar, tapi setelahnya infeksi dari bekas gigitan nyamuk ini akan terangkat dan hilang.

9. Air Garam dan Es

Air garam dan es batu dapat membuat kulit Anda menjadi dingin, yang bisa menghilangkan bengkak dan ruam pada kulit bekas gigitan nyamuk. Adapun garam di sini akan berfungsi sebagai desinfektan alami dan zat anti radang yang dapat menghilangkan rasa gatal-gatal akibat gigitan nyamuk. Cara menggunakannya pun mudah sekali, cukup campurkan garam dengan air dingin hingga teraduk rata, kemudian masukan es kedalamnya. Anda juga bisa membalurkan es tersebut ke bekas gigitan nyamuk terlebih dahulu, yang kemudian baru dibalurkan air garam.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Hemoglobin Pada Darah

Bagaimana? Sudah jelas kan cara-cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk? Namun perlu Anda ketahui, bahwa cara yang kami sebutkan di atas hanyalah untuk gejala-gejala ringan sebatas rasa gatal dan ruam pada kulit. Apabila Anda merasakan perubahan tubuh yang signifikan seperti mual-mual hingga muntah, Anda harus secepat mungkin mencari penanganan dari dokter.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.