Situs Tips Kesehatan dan Kecantikan Alami

10 Cara Menghilangkan Kutil Di Tangan Dengan Cepat Dan Manjur

cara menghilangkan kutil di tangan
Salah satu masalah kulit yang bisa dialami oleh berbagai usia manusia adalah papiloma atau masyarakat umum mengenalnya sebagai kutil. Papiloma atau kutil pada dasarnya adalah serangan virus bernama HPV atau Human Pappiloma Virus terhadap jaringan kulit yang membuatnya bengkat atau tumor. Kutil bisa terletak di seluruh bagian tubuh manusia baik itu wajah, leher, tangan, hingga kaki.

Ini Dia Cara Menghilangkan Kutil Di Tangan Yang Ampuh

Memiliki kutil jelas adalah sebuah kabar yang buruk. Kutil selain tanda dari lemahnya sistem imun terhadap serangan virus juga mampu membuat penderitanya merasa tidak percaya diri. Oleh karena itu, kutil harus segera dihilangkan. Beruntungnya, masyarakat Indonesia memiliki beberapa cara menghilangkan kutil di tangan yang bisa Anda ikuti seperti berikut ini.

1. Minyak Kastroli

cara menghilangkan kutil tangan dengan minyak kastroli

Masyarakat Indonesia lebih mengenal produk minyak kastroli dengan nama minyak jarak. Minyak yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia ini merupakan minyak yang terbuat dari ekstraksi biji jarak. Sebagai minyak nabati, minyak kastroli jelas adalah minyak yang aman digunakan untuk menghilangkan kutil di tangan. Ada cara menyembuhkan kutil yang perlu Anda ikuti adalah sebagai berikut.

  • Bersihkan kutil,
  • Rendam sambil dipijat lembut dalam air hangat selama 10 menit,
  • Olesi minyak jarak, atau
  • Tempelkan kapas dengan kandungan minyak jarak,
  • Rekatkan semalaman.

2. Daun Mahkota Dewa

Pohon mahkota dewa sudah terkenal sebagai tanaman obat sejak zaman dahulu. Tidak hanya memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai penyakit seperti muntah darah dan luka bakar, daun mahkota dewa yang dilumatkan mampu menyembuhkan eksim dan menghilangkan kutil.

Sediakan beberapa lembar daun mahkota dewa jika Anda hendak menghilangkan kutil dengan bahan ini. Bersihkan dari berbagai kotoroan kemudian lumatkan hingga halus. Melumatkan daun mahkota dewa adalah hal yang mudah, Anda bisa lakukan dengan cara menumbuk atau memblender. Lumatan tersebut bisa langsung Anda oles ke area berkutil.

3. Enzim Protaesa Dalam Getah Pepaya

Enzim protaesa adalah enzim yang banyak terkandung di dalam getah pepaya. Getah pepaya yang berwarna putih dan lengket tersebut ternyata mampu menghilangkan kutil jika digunakan secara rutin. Akan tetapi untu hasil getah yang lebih berkualitas, gunakanlah getah dari buah pepaya yang berusia 2-3 bulan. Mengaplikasikan getah buah pepaya untuk menghilangkan kutil tidaklah susah, Anda cukup mengikuti langkah-langkah berikut in.

  • Pilih buah pepaya muda berusia 2-3 bulan,
  • Belah dan sisihkan getahnya ke dalam wadah,
  • Oleskan di area kutil pada tangan hingga rata,
  • Lakukan secara rutin hingga kutil benar-benar hilang.

4. Irisan Bawang Putih

cara menghilangkan kutil di tangan dengan irisan bawang putih

Tidak perlu mencari bahan yang susah, Anda bisa menghilagkan kutil di tangan hanya dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih memiliki senyawa alicin yang mampu membunuh virus pada kutil karena sifatnya yang antivirus. Musnahnya virus di dalam kutil mampu membuat pembengkakak kutil berhenti.

Cara mengobati kutil dengan bawang putih: Anda dapatkan cukup diiris menjadi dua atau sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu menggunakan bahan lainnya. Tempelkan irisan bawang putih ke area tangan Anda yang ditumbuhi kutil. Lebih baik jika Anda menggunakan plester agar irisan bawang bisa menempel lebih lama. lantas bersihkan dengan air dan ulangi secara rutin.

5. Batu Apung dan Larutan Garam

Kombinasi larutan garam dan batu apung ternyata cukup ampuh untuk menghilangkan kutil dari tangan. Anda tidak perlu menghanghancurkan batu apung untuk mendapatkan manfaatnya, melainkan dengan menggosok-gosokkan batu apung pada area berkutil. Meski menimbulkan rasa yang tidak menyenangkan, cara ini cukup ampuh dalam menghilangkan kutil.

Akan tetapi sebelum menggosok-gosok kutil dengan batu apung, rendam terlebih dahulu bagian tangan yang berkutil dengan larutan garam. Proses perendaman bertujuan untuk membuat lapisan kulit dan lapisan kutil lebih lembek sehingga mudah terkelupas ketika digosok. Bersihkan tangan setelah Anda melalui proses tersebut dan tutup area kutil yang sudah digosok dengan kapas atau plester.

6. Sari Cuka Apel

cara menghilangkan kutil di tangan dengan sari cuka apel

Cuka apel adalah alternatif terbaik untuk melakukan perawatan kulit tanpa menggunakan produk dengan komposisi bahan kimiawi yang banyak beredar di pasaran. Manfaat cuka apel tehadap kesehatan kulit memang banyak, saah satunya adalah meredakan dan menghilangkan kutil yang membandel di permukaan kulit tangan.

Cairan fermentasi dari sari apel ini bisa Anda gunakan dengan cara dioles di bagian tangan yang berkutil. Andab bisa memanfaatkan kapas untuk menyerap dan menempelkan cuka apel ke permukaan tangan. Gunakan plester atau ikat jangan terlalu kuat agar interaksi cuka apel dengan kutil bisa bertahan agak lama.

7. Zat Antibakteri dalam Enjet/Kapur Sirih

Enjet biasa dikenal dengan sebutan kapur sirih oleh masyarakat umum. Kapur yang terbuat dari endapan batu gamping dan diproses secara khusus ini banyak digunakan sebagai teman mengunyah sirih oleh perempuan zaman dulu. Oleh karena itu, Enjet kerap kali disebut dengan nama kapur sirih.

Kapur sirih bisa menjadi alternatif bahan dalam cara menghilangkan kutil di kulit karena mengandung antibakteri. Anda hanya memerlukan tambahan detergen untuk mencuci ketika membuat pasta dari kapur sirih. Pasta tersebut bisa Anda langsung terapkan di bagian kulit tangan yang berkutil.

8. Lutein dalam Kulit Pisang

Pisang adalah buah dengan konsentrasi karbohidrat yang tinggi. Pisang juga kaya akan nutrisi yang bagus untuk tubuh manusia. Tidak hanya buahnya, kulit pisang juga tidak kalah akan nutrisi seperti karbohidrat, lutein, pektin, hingga antioksidan.

Lutein dalam kulit pisang yang dijadikan tabir surya mampu melindungi kulit manusia dari sinar UV berlebih, bisa juga digunakan untuk menghilangkan kutil di area tangan. Anda hanya perlu melumat kulit pisang hingga menjadi bubur. Tempelkan di area kutil selama lima belas menit sebanyak 3 kali dalam sehari. Jangan lupa untuk membilasnya kembali hingga bersih.

9. Tumbukan Kentang

cara menghilangkan kutil di tangan dengan tumbukan kentang

Tidak hanya nikmat ketika dijadikan bahan konsumsi, kentang juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutil dengan cara berikut ini.

  • Tumbuk kentang hingga halus dan membentuk pasta,
  • Tempelkan di tangan yang berkutil,
  • Tunggu 20 menit hingga kandungannya meresap di kulit,
  • Bilas dengan air secukupnya.

Selain bermanfaat untuk menghilangkan kutil, kentang diketahui mampu menjadi bahan alami untuk merawat kecantikan kulit dan wajah. Beberapa manfaatnya adalah untuk membuat kulit wajah tampak glowing, menghilangkan noda hitam serta menjaga kulit dari paparan sinar matahari.

10. Getah Pohon Awar-Awar

Getah pohon awar-awer memiliki kandungan yang tajam bagi manusia. Jika tidak digunakan dengan benar, getah awar-awar mampu membuat permukaan kulit yang sehar iritasi dan bisul. Akan tetapi jika digunakan dengan benar, getah pohon awar-awar mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit seperti herpes, kurap, dan tentu saja kutil.

Penggunaan getah pohon awar-awar bisa Anda lakukan sebanyak dua kali dalam sehari. Getah pohon awar-awar bisa Anda dapatkan dengan cara memotong bagian batang pohon muda. Anda hanya perlu mengoles dan menekan-nekankan getah tersebut ke area kutil dan biarkan hingga mengering. Setelah itu, bilas hingga bersih dengan air.

Memiliki kutil saat ini bukan lagi menjadi alasan untuk tidak tampil dengan percaya diri di depan umum. Anda bisa mengatasi kutil yang membandel di area tangan dengan cara yang mudah dan alami seperti bahan-bahan tersebut. Cara menghilangkan kutil di tangan di atas bisa Anda jadikan alernatif sebelum mengunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.