Situs Tips Kesehatan dan Kecantikan Alami

9 Cara Meningkatkan Hemoglobin Pada Darah Yang Manjur Dan Alami

cara meningkatkan hemoglobin

Hemoglobin merupakan protein yang tersusun dari zat besi di dalam sel darah merah. Tanpa kehadiran hemoglobin atau kurangnya hemoglobin di dalam darah, maka pengangkutan oksigen menjadi terganggu dan tidak maksimal. Hemoglobin mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh, sehingga seluruh sel-sel tubuh dapat bekerja dengan baik. Setelah mengasup oksigen, hemoglobin menukarkan tempatnya dengan karbon dioksida yang kemudian diekskresikan dari dalam tubuh.

Oleh karena cukup pentingnya hemoglobin dalam darah ini, normalnya seseorang harus memiliki hemoglobin sebanyak :

  • 14-18 gram/dL untuk pria dewasa
  • 12-16 gram/dL untuk wanita dewasa

Jika Anda pernah melakukan donor darah, terlebih dahulu dicek kadar hemoglobinnya. Kurang dari ambang batas diatas, biasanya Anda tidak akan diperbolehkan mendonor, karena kekurangan hemoglobin (anemia) dapat menyebabkan pusing, tubuh merasa lemah, nafas pendek, dan sakit kepala.

Baca Juga: Cara Mengatasi Vertigo Dengan Cepat dan Efektif

Cara Meningkatkan Hemoglobin Secara Alami

Lalu bagaimanakah caranya agar kadar hemoglobin stabil? Kekurangan hemoglobin dapat diatasi dengan usaha meningkatkan Hb, seperti mengonsumsi makanan kaya zat besi, vitamin C, asam folat, memakan buah bit, apel, delima, menghindari makanan yang dapat menghalangi zat besi terserap tubuh, mengonsumsi herba dan berolahraga. Simak penjelasannya berikut.

1. Mengonsumsi Makanan Kaya Zat Besi

cara meningkatkan hemoglobin dengan makanan kaya zat besi

Hemoglobin terbentuk dari zat besi, sehingga dengan mengonsumis makanan yang kaya akan zat besi, kadar hemoglobin pada sel darah merah dapat bertambah.

Makanan alami yang mengandung zat besi dalam jumlah tinggi antara lain ati ampela, daging merah, udang, tahu, bayam, kacang almond, kurma, sereal, dan asparagus.

Anda juga dapat mengasup suplemen yang kaya zat besi jika memang dibutuhkan, namun terlebih dahulu konsultasikan kepada dokter sehingga tidak membahayakan tubuh.

2. Meningkatkan Asupan Vitamin C

Pada beberapa kasus, kekurangan hemoglobin disebabkan oleh defisiensi vitamin C, yang berfungsi sebagai penyerap zat besi di dalam tubuh. Dengan meningkatkan asupan vitamin C, maka akan lebih banyak zat besi sebagai pembentuk hemoglobin yang dapat diserap oleh sel darah.

Vitamin C  banyak terkandung dalam buah-buahan seperti jeruk, lemon, pepaya, strawberry, paprika, brokoli, tomat, dan bayam. Anda juga dapat mengonsumis suplemen vitamin C jika mendapatkan rekomendasi dari dokter.

3. Konsumsi Asam Folat

Asam folat dibutuhkan tubuh sebagai bahan baku produksi sel darah merah. Asam folat sebetulnya merupakan vitamin B kompleks, kekurangan asam folat dapat menyebabkan kurangnya sel darah merah yang mengandung hemoglobin.

Beberapa makanan yang mengandung asam folat dalam jumlah tinggi antara lain sayuran hijau, ati ampela, nasi, kacang-kacangan, gandum, sereal, pisang, dan brokoli.

Baca Juga: Makanan Untuk Penderita Diabetes Tanpa Harus Diet Ketat

Asal folat juga sudah mudah didapatkan di toko obat sebagai suplemen yang aman dikonsumsi dalam jumlah 200-400 miligram per hari dengan anjuran dokter.

4. Makan Buah Bit

Buah bit sangat direkomendasikan untuk meningkatkan kadar hemoglobin secara cepat. Buah bit mengandung zat besi, asam folat, dan kalium dalam jumlah tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Bingung cara mengolah buah bit? Mungkin cara berikut dapat Anda coba :

  • Panggang 1-2 buah bit bersama dengan kulitnya di atas api kompor atau dapat pula dimasak menggunakan microwave.
  • Kupas kulitnya dan makan buah bit secara langsung.
  • Anda dapat pula membuat jus dari campuran antara 1 buah bit berukuran sedang, 3 buah wortel, dan setengah buah ubi.
  • Minum sekali sehari dan rasakan perubahannya, badan Anda akan terasa lebih kuat akibat hemoglobin yang meningkat.

5. Makan Buah Apel

Satu buah apel sehari dapat menjaga kandungan hemoglobin pada darah tetap stabil. Buah apel sangat kaya akan zat besi, juga berbagai komponen lainnya yang mendukung kesehatan hemoglobin.

Jika selama ini Anda mengupas apel terlebih dahulu sebelum memakannya, mulai sekarang tinggalkan kebiasaan tersebut dan mulailah memakan apel sekaligus dengan kulitnya setelah dicuci bersih. Hal ini dikarenakan berbagai kandungan penting apel lebih banyak terkonsentrasi pada kulitnya. Anda juga dapat menggabungkan jus apel dan jus buah bit dengan ditambahkan sedikit perasan lemon untuk diminum dua kali dalam sehari.

6. Makan Buah Delima

cara meningkatkan hemoglobin dengan buah delima

Buah delima mengandung zat besi, kalsium, protein, karbohidrat dan serat. Kandungan tersebut dapat meningkatkan kadar hemoglobin dengan mempromosikan aliran darah yang lancar dan sehat. Dalam sebuah penelitian terbaru, buah delima mengandung zat punicalagins yang juga sangat baik untuk kesehatan jantung serta pembuluh darah.

Satu buah delima berukuran sedang sudah cukup untuk meningkatkan hemoglobin Anda. Buah delima juga aman dimakan di pagi hari sewaktu Anda sarapan.

Kini juga telah tersedia ekstrak buah delima, Anda dapat mengonsumsinya hingga 2 sendok teh bubuk delima yang diseduh dengan segelas air hangat atau susu yang hangat.

7. Hindari Makanan yang Dapat Menghalangi Zat Besi

Beberapa makanan memiliki kandungan yang dapat menghalangi tubuh untuk menyerap zat besi. Contoh makanan tersebut antara lain sebagai berikut :

  • Kopi
  • Teh
  • Soda
  • Minuman anggur
  • Antasid
  • Produk olahan susu
  • Makanan yang kaya akan kalsium
  • Makanan yang mengandung gluten

Hindari atau jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan tersebut untuk meningkatkan kadar hemoglobin.

Baca Juga: Manfaat Susu Kambing Etawa

8. Konsumsi Berbagai Bahan Herbal

Berbagai herbal juga terkenal dapat meningkatkan hemoglobin, seperti Withania dan Dong Quai.

  • Withania somnifera (disebut pula dengan ginseng India) telah digunakan ribuan tahun untuk mengobati anemia. Herba tersebut dapat menjaga kesehatan sel darah merah dan meningkatkan energi serta mengurangi peradangan.
  • Dong Quai (Angelica sinsesis, disebut pula ginseng Cina) juga telah digunakan selama ribuan tahun akarnya untuk meningkatkan produksi sel darah merah terutama pada wanita yang baru saja kehilangan banyak darah saat memasuki siklus menstruasi

9. Berolahragalah

cara meningkatkan hemoglobin dengan berolahraga

Dengan berolahraga, tubuh seseorang dapat memproduksi lebih banyak hemoglobin, karena tubuh memerlukan lebih banyak oksigen saat berolahraga.  Olahraga yang baik untuk meningkatkan hemoglobin adalah olahraga dengan intensitas tinggi seperti lari atau aerobik. Jangan lupa pula untuk menambah training kekuatan untuk meningkatkan masa otot.

Itulah tadi 9 cara untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Nah, sekarang Anda sudah tahu bukan cara menghindari kekurangan hemoglobin hingga anemia? Yuk mulai hidup sehat.

Pencarian Masuk:

  • cara meningkatkan hb
  • cara menaikan hb
  • cara menaikkan hb
  • menaikkan hb secara cepat
  • cara meningkatkan hemoglobin
  • cara menambah hb
  • cara meningkatkan hb darah dengan cepat
  • obat meningkatkan hb dengan cepat
  • cara menaikkan hemoglobin
  • cara menaikan hemoglobin
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.