Situs Tips Kesehatan dan Kecantikan Alami

15 Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita Yang Efektif Dan Terbukti Berhasil

cara meningkatkan kesuburan wanitaSaat ini mungkin ada diantara anda para wanita yang sedang tidak sabar menunggu hasil tes kehamilan, menunggu selama tiga menit untuk melihat apakah tanda + akan muncul pada alat tes. Beberapa orang mungkin akan segera merayakan kegembiraan saat tanda positif tersebut akhirnya terlihat dengan jelas, tapi mungkin lebih banyak lagi yang akan kecewa karena setelah menunggu lama, tanda itu tidak kunjung muncul.

Tanpa disadari, masalah ketidaksuburan ternyata dialami oleh jutaan wanita di Indonesia. Tapi berita baiknya adalah bahwa perubahan gaya hidup, sedikit pengetahuan untuk memperbaiki tingkat kehamilan serta perawatan (bila diperlukan) masih bisa dilakukan untuk meningkatkan kesuburan dan memperbesar peluang terjadinya kehamilan.

Baca Juga: Penyebab Haid Tidak Teratur

Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita

Para wanita bisa mulai melakukan beberapa cara dibawah ini untuk membantu meningkatkan kesuburan dan memperbaiki kesehatan secara menyeluruh:

1. Menjaga Pola Makan dan Berat Badan yang Sehat

Menurut sebuah penelitian tentang pola makan dan kesuburan yang dilakukan oleh Harvard Medical School, mengkonsumsi dan menghindari bahan makanan tertentu adalah sesuatu yang bisa anda lakukan sendiri untuk membantu meningkatkan kesuburan pada wanita.

2. Perbanyak karbohidrat kompleks dan batasi karbohidrat olahan.

Tubuh anda akan mencerna karbohidrat buruk secara cepat dan mengubahnya menjadi gula darah. Beberapa contoh karbohidrat olahan adalah:

  • Biskuit
  • Kue
  • Roti Tawar
  • Nasi Putih

Untuk menurunkan lonjakan gula darah, pankreas kemudian akan mengeluarkan insulin ke dalam aliran darah. Kadar insulin yang tinggi dalam darah akan menghambat terjadinya ovulasi dan menurunkan tingkat kesuburan.

Gantilah dengan karbohidrat baik yang mengandung banyak serat, seperti:

  • Buah dan Sayuran
  • Biji-bijian dan Kacang-kacangan
  • Gandum utuh

Berbagai jenis makanan ini dapat dicerna lebih pelan serta menghasilkan gula darah dan insulin secara bertahap, sehingga tidak mengganggu kesuburan.

3. Hindari Lemak Trans dan Perbanyak Konsumsi Lemak Tidak Jenuh

Lemak trans yang sering ditemukan pada:

  • Produk makanan olahan pabrikan
  • Produk hewani
  • Kentang goreng
  • Beberapa jenis margarin

Beberapa makanan tersebut ternyata bisa meningkatkan tingkat resistensi insulin. Resistensi insulin sendiri artinya tubuh akan mengalami kesulitan untuk memindahkan glukosa ke berbagai sel tubuh. Sedangkan pankreas terus memompa insulin, sehingga hasilnya jadi lebih banyak insulin dalam aliran darah. Seperti sudah anda ketahui, kadar insulin yang terlalu tinggi bisa mengganggu kesuburan.

4. Konsumsi Lebih Banyak Protein

cara meningkatkan kesuburan wanita protein

Usahakan untuk mengkonsumsi lebih banyak protein nabati daripada protein hewani. Protein nabati dari kacang-kacangan, kecambah dan biji-bijian mengandung banyak lemak sehat, dan rendah kalori.

Mengkonsumsi protein dengan cukup akan membantu menyeimbangkan kadar insulin dan membantu anda menjaga berat badan ideal, dua faktor penting yang mempengaruhi tingkat kesuburan secara langsung.

5. Minum Susu Full-Fat atau Tinggi Lemak

Berdasarkan penelitian, wanita yang hanya mengkonsumsi susu rendah lemak mengalami kesulitan untuk hamil. Lebih baik minum satu atau dua gelas susu full-fat atau yoghurt untuk meningkatkan kemungkinan untuk cepat hamil.

Baca Juga: Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

6. Jaga Berat Badan Ideal

Jaga Body Mass Index (BMI) atau indeks massa tubuh anda pada angka 18.5 hingga 24. Tubuh yang terlalu kurus (BMI dibawah 18.5) atau memiliki berat badan berlebih (BMI 25 atau lebih) bisa sangat mempengaruhi kesuburan anda dan kesehatan calon bayi. Berat badan ideal bisa dijaga dengan melakukan olahraga secara rutin dan menjaga pola makan sehat.

7. Katakan Tidak Pada Stress

cara meningkatkan kesuburan wanita jangan stress

Apapun penyebabnya, stress dapat memberikan efek yang tidak baik bagi tubuh, terutama bagi anda yang sedang berusaha untuk hamil. Terkadang stress ini seperti lingkaran yang tidak ada ujungnya, ada wanita yang stress karena tidak kunjung hamil, dan akibatnya sulit untuk meredakan perasaan cemas saat sedang mencoba memiliki momongan.

Wanita dengan kadar stress yang lebih tinggi memiliki resiko ketidaksuburan yang lebih besar, hal ini bisa dilihat dari hasil pengujian yang menunjukkan bahwa wanita dengan kadar alfa-amilase – enzim yang berhubungan dengan stress – yang tinggi memiliki peluang kehamilan 29% lebih rendah dibandingkan wanita dengan kadar normal.

Saat lain kali berbagai masalah terjadi dalam hidup, cobalah untuk menarik napas panjang dan relaks. Prioritaskan aktifitas yang bisa mengurangi stress pada jadwal harian anda, seperti pijat, melakukan hobi, atau sekedar berjalan santai. Pastikan juga anda selalu mengakhiri hari dengan melakukan sesuatu yang membuat tubuh dan pikiran anda relaks, seperti yoga dan meditasi.

8. Perhatikan Konsumsi Minuman Anda

Wanita yang ingin meningkatkan kesuburan sebaiknya membatasi konsumsi kafein, tidak lebih dari 200 miligram per hari. Penting untuk diingat bahwa kafein bukan hanya bersumber dari kopi, tetapi juga teh, minuman energi, dan coklat.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh majalah Fertiliy and Sterility menemukan bahwa peluang terjadinya kehamilan merosot hingga lebih dari 50% pada wanita yang minum alkohol saat sedang berusaha untuk hamil, penelitian lain di majalah Obstetrics and Gynecology telah menunjukkan bahwa wanita yang meminum 4 gelas minuman beralkohol setiap minggunya memiliki peluang kehamilan yang lebih rendah sebanyak 16%.

Sebaiknya perhatikan asupan minuman anda dan selalu katakan tidak pada minuman soda berkadar gula tinggi serta minuman beralkohol.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kemampuan Otak Secara Alami dan Mudah

9. Jangan Merokok

Tidak ada satupun hal positif dari merokok untuk tubuh anda. Mulai dari zat kimia berbahaya hingga tingginya potensi menyebabkan kanker paru, sudah jelas bahwa setiap wanita harus menghindari rokok.

Racun dalam rokok telah terbukti mampu menghalangi kemampuan ovarium untuk menghasilkan estrogen dan menyebabkan sel telur wanita menjadi lebih rentan pada keabnormalan genetik. Merokok juga menyebabkan ovarium cepat menua, sehingga menopause akan datang lebih cepat. Lebih parahnya lagi, merokok juga bisa meningkatkan resiko keguguran dan kehamilan ektopik, yaitu kehamilan yang berkembang di luar rahim.

Cari tahu lebih banyak mengenai berbagai cara untuk menghentikan kecanduan pada rokok, dan jangan segan untuk meminta dukungan pada pasangan atau anggota keluarga lain.

10. Asupan Suplemen Yang Cukup

Suplemen bisa secara efektif menyeimbangkan kembali hormon tubuh anda, sekaligus memperbaiki kesehatan secara umum. Suplemen sangat diperlukan karena tidak semua bahan makanan yang anda konsumsi mengandung nutrisi yang tepat untuk meningkatkan kesuburan. Beberapa suplemen yang sebaiknya ditambahkan adalah:

11. Asam Folat dan Vitamin B Kompleks

Asam folat adalah bagian dari Vitamin B kompleks yang dibutuhkan untuk menghasilkan material genetik DNA dan RNA, tidak hanya untuk sel telur, tetapi juga sel sperma. Bersama dengan Vitamin B12, asam folat akan menjaga kode genetik bayi tetap dalam keadaan utuh dan baik.

Penelitian telah menunjukkan bahwa semua jenis Vitamin B sangat penting untuk meningkatkan kesuburan, terutama Vitamin B6 dan Vitamin B12.

12. Zat Besi

Zat ini adalah komponen esensial dalam material genetik, dan kekurangan zat besi akan mengakibatkan perubahan kromosom yang berujung pada ketidaksuburan dan meningkatnya resiko keguguran. Zat besi diperlukan oleh tubuh untuk secara efisien menghasilkan hormon reproduksi, estrogen dan progesterone.

13. Selenium

Selenium adalah antioksidan yang akan melindungi tubuh anda dari radikal bebas. Karena alasan ini juga, selenium bisa mencegah kerusakan kromosom, yang menjadi penyebab cacat lahir dankeguguran.

14. Omega-3

Asam lemak ini memiliki efek yang sangat besar bagi semua sistem dalam tubuh, termasuk sistem reproduksi dan pengaturan fungsi hormon. Kadar asam lemak omega-3 yang cukup dalam tubuh sangat membantu meningkatkan kesuburan.

15. Beta Karoten

Beta karoten mengandung antioksidan sangat kuat yang bisa membantu melindungi sel telur dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas, sehingga sel telur akan tetap dalam kualitas yang baik.

Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, meninggalkan kebiasaan yang bisa merusak fungsi reproduksi, dan memastikan tubuh mendapatkan cukup nutrisi dan mineral adalah beberapa cara yang mampu membantu meningkatkan kesuburan para wanita.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.