Situs Tips Kesehatan dan Kecantikan Alami

9 Cara Meningkatkan Stamina Dan Daya Tahan Tubuh

cara meningkatkan staminaStamina adalah hal yang sangat penting untuk semua orang, dari mulai seorang atlet hingga seorang buruh pabrik. Stamina adalah kekuatan serta energi yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan sehari-hari dengan baik dan tuntas tanpa adanya rasa lelah dan lesu.

Stamina yang rendah dan energi yang mudah habis dapat disebabkan oleh beberapa faktor gaya hidup yang kurang sehat, seperti terlalu banyak konsumsi kafein dan alkohol, penggunaan berbagai obat-obatan, kurang olahraga, waktu tidur yang buruk, terlalu banyak tekanan, serta pola makan tidak sehat.

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga Yang Efektif

Cara Meningkatkan Stamina

Merasa lelah setelah beraktivitas fisik itu normal, namun jika merasa lelah sepanjang hari, ada sesuatu yang salah dalam tubuh Anda, dan perlu dilakukan sedikit perubahan untuk meningkatkan stamina, seperti seperti dengan konsumsi molase, minyak kelapa, kunyit, cuka apel, teh hijau, magnesium, tetap bergerak aktif, melatih pernapasan diafragma, serta menjaga kandungan air dalam tubuh. Berikut penjelasannya:

1. Konsumsi Molase

Molase merupakan produk samping pada industri gula yang berupa cairan berwarna hitam. Cairan molase dipercaya dapat meningkatkan energi dengan kandungan nutrisinya yang sangat beragam, mulai dari zat besi, mangan, kalium, dan tembaga yang dapat meningkatkan kadar endurance Anda.

Untuk mengonsumsi molase, campurkan satu sendok makan cairan molase ke dalam satu gelas air hangat atau susu hangat. Minum setelah makan sebanyak 2 kali sehari di pagi dan sore hari, dan rasakan manfaatnya.

2. Minyak Kelapa

Masih menggireng makanan dengan minyak sawit? Cobalah ganti minyak Anda dengan minyak kelapa yang lebih sehat dan dapat meningkatkan stamina serta energi.  Minyak kelapa mengandung lemak yang menyehatkan, terutama trigliserida rantai medium yang dapat dicerna dengan mudah membentuk energi yang diperlukan tubuh.

Minyak kelapa juga sangat ramah terhadap kesehatan jantung, juga dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Saat dikonsumsi dalam jumlah cukup, minyak kelapa dapat membantu Anda mengurangi lemak di bagian perut. Untuk mendapatkan stamina lebih:

  • Konsumsi kira-kira 1-2 sendok makan minyak kelapa yang bisa Anda campurkan dalam masakan ataupun smoothies di pagi hari.
  • Jika memasak sesuatu, minyak kelapa juga dapat menjadi pilihan terbaik untuk melapisi makanan Anda.

3. Cuka Apel

Cuka Apel sangat baik untuk meningkatkan stamina, karena kandungan di dalamnya dapat melawan kelelahan tubuh. Cuka apel membantu membuat pH tubuh menjadi alkali, sehingga menjadi lebih berenergi. Cuka apel juga sangat kaya akan elektrolit yang dapat meningkatkan stamina tubuh.  Untuk mengonsumsi cuka apel:

  • Campurkan 1 sendok makan cairan cuka apel dengan sedikit madu dan segelas air.
  • Minumlah dua kali sehari hingga Anda merasakan perbedaan pada stamina yang meningkat.

4. Kunyit

Kunyit mengandung zat kurkumin yang membuatnya menjadi berwarna kuning. Zat kurkumin ini sangat penting untuk kesehatan. Kurkumin memiliki sifat anti peradangan yang dapat membantu meredakan kelelahan fisik serta mengembalikan energi tubuh dengan cepat. Mengonsumsi kunyit dapat meningkatkan performansi serta ketahanan tubuh.  Mengkonsumsi kunyit dapat digabungkan dengan susu segar. Caranya:

  • Tambahkan setengah hingga satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam susu yang dididihkan.
  • Tutup dengan penutup selama 5 menit, matikan api dan campurkan dengan sedikit madu.
  • Minum campuran ini untuk stamina yang meningkat.

Kunyit juga banyak sekali ditemukan dalam bentuk jamu kunyit asam yang banyak dijual para pedagang jamu keliling. Selain itu, terdapat pula kunyit dalam bentuk suplemen yang sangat praktis Anda bawa kemana-mana.

Baca Juga: Manfaat Susu Kambing Etawa

5. Teh Hijau

cara meningkatkan stamina dengan mengkonsumsi teh hijau

Secangkir teh hijau dapat meningkatkan stamina dan energi Anda. Di dalamnya terdapat kandungan polifenol yang dapat melawan rasa lemas, mengurangi stres dan mempromosikan tidur yang lebih berkualitas. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam American Physiology Society, konsumsi teh hijau secara teratur dapat meningkatkan ketahanan hingga 24%.

Sangat baik jika Anda mengonsumsi teh hijau langsung dari daunnya yang segar. Namun dari daun teh yang sudah diproses pun khasiatnya tidak banyak berkurang.

  • Seduh satu sendok teh daun teh hijau dengan air panas.
  • Diamkan hingga 5 menit, dan minum sebanyak 2-3 kali dalam sehari.
  • Anda juga bisa mengonsumsi suplemen teh hijau, namun konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

6. Konsumsi Lebih Banyak Magnesium

Bahkan kekurangan magnesium dalam jumlah kecil dapat mempengaruhi stamina dan energi Anda. Magnesium adalah zat yang berperan penting dalam memecah glukosa menjadi energi.

Jadi, ketika Anda merasa kekurangan energi, makanlah berbagai makanan yang kaya akan magnesium. Per harinya, seseorang dianjurkan untuk mengonsumsi sekitar 350 miligram untuk pria dan 300 gram untuk wanita.

Beberapa contoh makanan yang kaya akan magnesium antara lain sayuran berdaun hijau gelap, kacang-kacangan, ikan, kedelai, alpukat, pisang, cokelat. Anda juga dapat mengasup suplemen magnesium namun dengan izin dari dokter.

7. Tetaplah Bergerak Aktif

Mungkin terdengar remeh, namun dengan menjaga tubuh tetap aktif secara fisik, tertama dengan banyak berjalan, merupakan salah satu cara untuk meningkatkan stamina. Bergerak akan meningkatkan kapasitas paru-paru dalam menampung udara serta memperkuat otot-otot di sekitar jantung.

Bergerak lebih banyak juga dapat meningkatkan proses pencernaan sehingga menjaga tubuh selalu bebas dari racun. Hal ini juga berpengaruh terhadap stamina seseorang.

Jika memungkinkan, sempatkan untuk berjalan sedikit keliling lingkungan rumah di udara yang masih segar. Atau jika Anda tidak sempat, berenang, berspeda, atau aktivitas lainnya dua minnggu sekali juga sudah sangat cukup untuk menjaga stamina.

Baca Juga: Buah Untuk Penderita Diabetes Dengan Indeks Glikemik Yang Rendah

8. Latihlah Pernapasan Diafragma

cara meningkatkan stamina dengan sit up

Pernapasan diafragma dapat disebut juga dengan pernapasan perut. Dengan bernafas melalui diafragma, lebih banyak oksigen yang memasuki tubuh, sehingga membuat efek menenangkan untuk tubuh dan pikiran Anda.

9. Jaga Kandungan Air dalam Tubuh

Air membentuk sekitar 65-70% dari keseluruhan sel di dalam tubuh. Kekurangan air akan membuat Anda dehidrasi serta menurunnya stamina. Dengan menjaga tubuh tetap cukup air, rasa kelelahan dapat berkurang serta energi tubuh tetap tinggi. Air juga dapat melawan kelelahan otot.

Minumlah segelas air sebelum tidur dan saat bangun di pagi hari. Bawa sendiri botol minum Anda ke tempat kerja sehingga Anda mempunyai akses yang cepat terhadap air minum.

Demikian tadi beberapa cara untuk meningkatkan stamina yang pastinya semua orang bisa melakukannya. Siap untuk meningkatkan stamina dan beraktivitas lebih bersemangat? Yuk, kita coba!

Pencarian Masuk:

  • cara meningkatkan stamina
  • cara menambah stamina
  • Cara meningkatkan stamina tubuh
  • cara menambah stamina tubuh
  • menambah stamina
  • meningkatkan stamina
  • cara meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina
  • cara meningkatkan stamina fisik
  • meningkatkan stamina alami
  • cara meningkatkan fisik dan stamina
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.