Situs Tips Kesehatan dan Kecantikan Alami

10 Cara Diet Sehat Golongan Darah B Yang Terbukti Berhasil Dan Alami

diet sehat golongan darah bGolongan darah B secara statistik merupakan golongan darah paling jarang kedua setlah golongan darah AB. Para pemilik golongan darah B merupakan orang-orang yang biasanya memiliki tubuh yang sangat mudah beradaptasi, cepat menyesuaikan dengan keadaan, serta dengan kekebalan tubuh yang relatif lebih kuat dengan keseimbangan sistem saraf yang bail.

Adalah Dr. Peter J. D’Adamo, seorang naturopati dari AS yang pertama kali menganalisis kemampuan berbagai golongan darah dalam beradaptasi dengan makanan yang dikonsumsi. Dari hasil penelitian beliau, setiap makanan mengandung protein yang dinamakan lektin. Protein tersebut pengaruhnya berbeda-beda bagi tiap golongan darah.

Diet jika tidak sesuai dengan golongan darah dapat menyebabkan terganggunya aktivitas sel pada organ tubuh, zat gizi yang tidak dapat diserap dengan sempurna, serta terganggunya metabolisme.

Baca Juga: Makanan Yang Dapat Membuat Gemuk

Pemilik golongan darah B memiliki risiko cukup rendah menderita penyakit keras yang menyangkut kardiovaskular (jantung dan peredaran darah), namun cukup rentan terhadap infeksi virus dan penyakit autoimun seperti lupus, sklerosis, dan kelelahan kronis.

Menu Diet Sehat Golongan Darah B

Untuk tubuh yang sehat, para pemilik golongan darah B dianjurkan untuk menyeimbangkan konsumsi makanan yang berasal dari hewani dan tumbuhan, dengan memperthatikan pula beberapa jenis daging yang kurang baik untuk dimakan.

Berikut merupakan berbagai jenis makanan dan aturannya bagi golongan darah B:

1. Daging dan Unggas

Kurangi konsumsi daging ayam atau daging unggas lainnya, karena pada daging unggas terdapat protein lektin yang dapat menggumpalkan darah pada jaringan tubuh sehingga menyebabkan kelainan sistem imun. Jika tidak bisa dihindari, paling baik golongan darah B dapat mengonsumsi daging kalkun.

Lebih banyaklah mengonsumsi daging merah seperti daging domba, atau daging kelinci selama beberapa kali dalam satu minggu jika Anda merasa begitu lelah dan kurang energi.

2. Makanan Laut

diet sehat golongan darah b makanan laut

Kadar protein dari makanan laut sangat tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Konsumsi lebih banyak ikan halibut, salem, sarden, dan telur ikan. Segala makanan laut umumnya baik dikonsumsi para golongan darah B, namun hindari semua jenis kerang-kerangan yang mengandung lektin yang dapat mengganggu sistem imun dan menyebabkan stres.

3. Telur dan Produk Olahan Susu

Satu-satunya golongan darah yang paling aman untuk menikmati segala jenis olahan susu adalah golongan darah B. Fisiologi darah golongan B memungkinkan pencernaan produk olahan susu tanpa menyebabkan perlambatan metabolisme atau stres.

Dari mulai kefir, keju cottage, keju kambing, keju mozarella, susu sapi, susu kambing, dan youghurt sangat baik untuk menunjang nutrisi yang dibutuhkan golongan darah B. Namun, seperti halnya daging unggas yang kurang baik, hindari cikal bakal unggas seperti telur bebek, angsa, dan telur puyuh.

4. Minyak dan Lemak

Untuk mendukung kesehatan jantung, sebaiknya gunakan minyak zaitun untuk memasak. Minyak sawit cukup netral untuk golongan darah B. Hindari minyak kedelai, minyak kelapa, minyak wijen, serta minyak bunga matahari karena bereaksi kurang baik dengan protein pada darah golongan B.

5. Kacang-kacangan

Para pemilik golongan darah B dianjurkan untuk menghindari kacang-kacangan, terutama kacang tanah, wijen, serta biji bunga matahari (kuaci). Hal ini disebabkan kacang-kacangan tersebut mengandung lektin yang dapat menginterferensi produksi insulin, sehingga menyebabkan ketidakseimbangan sistem imun dan bahkan bisa memicu diabetes dalam jangka panjang.

Baca Juga: Makanan Rendah Kalori Untuk Tubuh Sehat

Walaupun tidak disarankan, namun orang-orang Asia, termasuk pula di Indonesia sudah sangat terbiasa mengonsumsi kacang-kacangan sehingga terkadang efeknya tidak terlihat atau baru terasa dalam jangka panjang.

6. Gandum dan Olahannya

Mayoritas golongan darah B kurang begitu cocok mengonsumsi gandum beserta olahannya,seperti roti gandum, sereal, biskuit, pasta gandum, dan sebagainya. Gandum memiliki lektin yang dapat mengurangi efisiensi kerja insulin serta menggagalkan pembakaran lemak dalam tubuh. Selain itu, gandum juga sangat cepat meningkatkan berat badan para golongan darah B.

7. Sayur-Mayur

Kembang kol, kentang, kubis, peterseli, dan wortel merupakan jenis sayuran yang sangat baik dikonsumsi. Aprikot, asparagus, bawang-bawangan, jamur, mentimun, sayuran dengan daun hijau dan jahe juga netral bagi golongan darah B. Umumnya tidak terlalu banyak pantangan sayuran untuk golongan darah B, namun hindari memakan terlalu banyak tomat karena dapat menyebabkan iritasi dinding lambung.

8. Buah-Buahan

Segala jenis buah-buahan baik dikonsumsi golongan darah B, mulai dari anggur, pepaya, pisang, dan plum yang terbaik. Diikuti dengan jambu, apel, kiwi, melon, semangka, stroberi yang bersifat netral. Nanas juga sangat baik untuk para golongan darah B yang rentan kegemukan.

9. Bumbu-Bumbu Dapur

Bumbu kari, ginseng, jahe, bubuk cabai dan daun mint yang dapat menghangatkan tubuh sangat baik untuk dikonsumsi golongan darah B. Adasm asam jawa, bawang putih, biji pala, cengkih, jinten kapulaga, ketumbar, kunyit juga merupakan bumbu-bumbu yang netral dikonsumsi. Sementara itu hindari terlalu banyak kayu manis dalam hidangan karena pada beberapa kasus dapat menyebabkan iritasi lambung.

Baca Juga: Penyebab Menstruasi Tidak Teratur Yang Harus Kamu Tahu

10. Minuman

diet sehat golongan darah b tea

Teh dengan kandungan ginseng sangat baik untuk dikonsumsi di pagi hari. Teh hijau, air, dan jus buah juga kaya akan berbagai nutrisi yang menyehatkan darah B. Seperti golongan darah lainnya, hindari minuman beralkohol, juga soda yang dapat menimbulkan gas berlebih pada lambung.

Tentunya makanan-makanan yang disebutkan diatas merupakan makanan yang ideal dikonsumsi oleh orang bergolongan darah B yang tidak memiliki penyakit tertentu dan tidak memiliki pantangan. Jika Anda termasuk salah seorang yang sedang berjuang melawan penyakit tertentu, ada baiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari.

Seimbangkan diet golongan darah B ini dengan olahraga yang tepat. Bagi para pemilik golongan darah B, disarankan untuk melakukan olahraga yang intensitasnya menengah, seperti misalnya mendaki, berjalan kaki, dan bermain tenis.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.