Situs Tips Kesehatan dan Kecantikan Alami

14 Makanan Rendah Kalori Yang Bagus Untuk Kesehatan

makanan rendah kalori

Salah satu cara untuk membentuk tubuh yang lebih ideal adalah dengan cara mengonsumsi makanan rendah kalori. Kalori merupakan ukuran dari energi, sehingga semakin banyak kalori yang diasup oleh tubuh, maka semakin banyak pula cadangan energi yang biasanya tersimpan di dalam tubuh dalam bentuk lemak.

Jenis Makanan Rendah Kalori

 Jika Anda sedang melakukan diet kalori, ada baiknya untuk mengonsumsi 14 macam makanan rendah kalori yang mengandung kurang dari 50 kalori per 100 gramnya. Berikut ini beberapa jenis makanan rendah kalori.

1. Seledri

Seledri atau yang sering disebut dengan daun sop merupakan salah satu jenis makanan yang nilai kalorinya sangat rendah, hanya sekitar 16 kalori per 100 gramnya. Serat-serat yang dimiliki seledri memang hanya memungkinkan sel-sel di dalam daun hijaunya hanya dapat menahan air yang terkandung di dalamnya.

2. Jeruk

Buah jeruk sangat terkenal dengan kandungan vitamin C nya, namun siapa sangka ternyata jeruk juga sangat rendah kalori dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Dalam 100 gram daging buah jeruk, hanya terkandung sekitar 47 kalori. Dengan mengonsumsi jeruk, tentunya kalori yang Anda asup setiap harinya dapat terjaga cukup rendah. Jeruk juga mengandung antioksidan yang sangat baik menangkal radikal bebas dalam tubuh.

3. Kol

makanan rendah kalori kol

Daun kol sering digadang-gadang sebagai makanan yang dapat mencegah penyakit kanker dan jantung. Mengonsumsi kol juga menjadi salah satu cara untuk menurunan berat badan, karena kalori yang dikandungnya sangat rendah, hanya sekitar 25 kalori dalam 100 gram daun kol. Kol juga dapat diolah menjadi berbagai macam masakan dengan mudah, seperti misalnya dibuat bahan sup.

4. Zucchini

Zucchini atau yang lebih dikenal dengan sebutan timun Jepang di Indonesia juga termasuk ke dalam salah satu makanan dengan kalori rendah. Dengan hanya 17 kalori di dalam 100 gram mentimun Jepang, tentunya sayuran yang satu ini cukup aman untuk Anda yang sedang berusaha mengurangi asupan kalori dalam tubuh. Zucchini biasa digunakan dalam berbagai masakan Jepang seperti sushi.

5. Tomat

Buah merah yang satu ini selain rasanya enak, kalori yang dikandungnya pun cukup ramah, hanya sekitar 17 kalori per 100 gramnya. Tomat juga mengandung likopen yang dapat membantu memusnahkan sel kanker dalam tubuh serta menjauhkan Anda dari penyakit jantung. Tomat juga dapat ditemui di berbagai masakan atau dibuat salad pun cukup enak. Untuk mengonsumsi tomat sebagai salad, ada baiknya memilih yang warnanya sudah merah dan ranum.

6. Jamur

Berbagai jamur dari mulai jamur kuping, jamur kancing, jamur tiram juga sangat rendah kalori. Hanya terkandung sekitar 38 kalori untuk setiap penyajian 100 gram jamur. Tekstur jamur juga mirip seperti daging, sehingga jamur seringkali menjadi pengganti daging untuk para vegetarian yang tidak bisa mengonsumsi daging hewan.

7. Kembang Kol

makanan rendah kalori kembang kol

Kembang kol yang mengandung sekitar 25 kalori per 100 gram penyajian juga masuk di dalam salah satu makanan yang memiliki kalori terendah. Kembang kol dapat berfungsi sebagai zat anti peradangan, juga membantu melancarkan pencernaan serta menyehatkan sistem kardiovaskular dengan berbagai mineral yang dikandungnya.

8. Lemon

Lemon biasanya digunakan dalam perasan makanan berkuah sehingga lebih  nikmat rasanya, atau diperas untuk diminum airnya bersama campuran herbal lain. Lemon merupakan salah satu hidangan asam yang juga rendah kalori. Hanya terkandung sekitar 29 kalori dalam 100 gram lemon. Selain itu, kandungan antioksidan di dalam buah lemon yang cukup tinggi pun dapat membuat Anda tetap sehat dan segar.

9. Buah Bit

Kenal dengan buah yang satu ini? Buah bit berbentuk umbi seperti halnya ubi, namun bentuknya lebih teratur dan memiliki warna merah keunguan. Menjadi salah satu makanan yang rendah kalori, buah bit hanya mengandung sekitar 43 kalori per 100 gramnya. Salah satu keunikannya adalah buah bit mengandung betalain, yang merupakan salah satu jenis antioksidan yang memberikan warna merah dan dapat menjadi agen penangkal radikal bebas di dalam tubuh.

10. Semangka

Buah semangka yang kandungan airnya sangat tinggi dan menggoda di musim panas dengan warna dagingnya yang menyala ini ternyata juga mengandung kalori yang tidak banyak, hanya sekitar 30 kalori per 100 gram dagingnya. Selain itu, semangka juga dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh, sehingga konversi kalori menjadi energi lebih cepat dan mengurangi cadangan energi di dalam tubuh.

11. Brokoli

Sayuran hijau yang satu ini memang sudah terbukti memiliki manfaat yang sangat beragam, dari mulai kandungan antioksidannya yang dapat mencegah kanker hingga sebagai sumber serat yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan tubuh. Dengan pencernaan yang lebih lancar, tentunya berat badan ideal juga dapat diraih dengan rutin mengonsumsi brokoli yang mengandung 34 kalori saja per 100 gramnya.

12. Wortel

makanan rendah kalori wortel

Wortel memiliki keunggulan sebagai salah satu makanan yang dapat menjaga kesehatan mata. Nilai indeks glikemik wortel juga cukup rendah, artinya wortel dapat membantu Anda menjaga kadar glukosa dalam darah tetap stabil. Sayuran yang mengandung 41 kalori di setiap 100 gramnya ini juga dapat mengurangi natrium berlebih dan menjaga kadar air dalam tubuh, serta dapat membantu meredakan peradangan.

13. Apel

Memakan apel satu kali dalam sehari akan menjauhkan Anda dari dokter, seperti kata pepatah. Memang buah apel yang rasanya enak ini sangat kaya akan antioksidan, vitamin, mineral, dan serat. Apel dapat menjadi cemilan yang baik untuk menggantikan porsi makan malam Anda, sehingga perut tidak mencerna terlalu berat sebelum tidur. Apel mengandung sekitar 52 kalori saja per 100 gramnya.

14. Lobak

Buah turnip yang berwarna putih ini teryata juga memiliki nilai kalori yang tidak perlu dikhawatirkan oleh Anda yang sedang menjaga asupan kalori. Hanya terdiri dari 28 kalori per 100 gramnya, lobak seringkali menjadi perpaduan yang dahsyat bagi masakan Indonesia seperti soto Bandung. Lobak juga dapat membantu mengurangi peradangan sehingga sangat baik untuk tubuh.

Demikianlah 14 macam makanan dengan kalori rendah yang dapat Anda konsumsi saat ingin mengurangi berat badan atau menjaga asupan kalori untuk tubuh. Rata-rata makanan diatas mengandung kurang dari 50 kalori sehingga tentunya Anda tidak perlu khawatir mengonsumsinya agak banyak, namun jangan sampai berlebihan pula.

Pencarian Masuk:

  • jenis makanan dengan kalori terendah
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.