Situs Tips Kesehatan dan Kecantikan Alami

9 Makanan Untuk Penderita Tifus Yang Sehat Dan Direkomedasikan

makanan untuk penderita tifus

Tifus adalah suatu penyakit yang ditandai dengan demam tinggi pada tubuh, sakit kepala, perut kembung, muntah, sembelit, diare dan nyeri otot yang disebabkan karena penyerapan nutrisi makanan terhambat. Terhambatnya penyerapan nutrisi tersebut adalah akibat dari usus kecil yang mungkin saja terinfeksi atau rusak.

Penyakit tifus terjadi karena bakteri salmonella pada makanan yang dikonsumsi. Tifus merupakan penyakit yang dapat menular melalui media air yang terkontaminasi juga bisa ditularkan oleh orang yang sedang terinfeksi.

Baca Juga: Cara Ampuh Mengusir Lalat Dengan Bahan Alami

Makanan Untuk Penderita Tifus

Bagi Anda yang sedang terinfeksi tifus dan sedang masa penyembuhan, ada beberapa daftar makanan yang disarankan dikonsumsi untuk membantu penyembuhan, ada juga beberapa makanan lain yang tidak boleh dikonsumsi. Berikut ini kita akan membahas mengenai makanan untuk penderita tifus yang disarankan untuk dikonsumsi.

1. Air putih

Seseorang yang normal dan tidak sedang terinfeksi tipus membutuhkan air yang cukup untuk menjaga kesehatan dan pencernaan yang lancar. Orang yang terkena penyakit tifus lebih membutuhkan air dibanding orang normal. Hal tersebut dikarenakan demam yang mungkin saja memengaruhi kadar air dalam tubuh, karena itu Anda membutuhkan asupan air putih.

2. Makanan rendah lemak

Bagi seseorang yang sedang mengalami tifus, makanan yang mengandung kadar lemak yang tinggi harus dihindari, karena kandungan lemak bisa menjadi satu penyebab suhu tubuh lebih meningkat sehingga bukannya demam turun tapi justru naik.

Mengonsumsi lemak saat mengalami tifus juga bisa menyebabkan muntah yang akan membuat kita kehilangan nutrisi yang terdapat dalam tubuh. Apabila muntah berkelanjutan maka akan menyebabkan tubuh menjadi lemah dan kurang berenergi.

3. Makanan berkalori tinggi

makanan untuk penderita tifus kentang

Jika bagi sebagian orang khususnya yang diet, makanan dengan kadar kalori tinggi menjadi satu jenis makanan yang dijauhi, berbeda halnya dengan orang yang sedang terkena tifus. Orang yang sedang tifus rentan dengan berat badan yang turun secara drastis karena itu mereka membutuhkan makanan berkalori tinggi untuk mencegah hal tersebut terjadi. Beberapa contoh makanan tersebut adalah kentang, makanan berbahan beras atau nasi, dan pisang.

4. Makanan rendah serat

Jika bagi orang normal, dibutuhkan makanan dengan kadar serat tinggi untuk membantu pencernaan, orang yang sedang mengalami tifus membutuhkan makanan yang memiliki kadar serat yang rendah. Mereka membutuhkan jenis makanan tersebut agar tidak terjadi iritasi usus yang pada penderita tifus, usus mereka mengalami peradangan.

Baca Juga: Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan

Beberapa jenis makanan rendah serat yang direkomendasikan untuk penderita tifus adalah buncis, kacang panjang, wortel, dan alpukat.

 5. Makanan yang tidak mengandung terlalu banyak rempah-rempah

Bagi penderita tifus, makanan pedas dan asam adalah beberapa jenis makanan yang harus dihindari. Dengan menambahkan rempah seperti merica, lada dan lain sebagainya akan berdampak tidak baik bagi lambung dan bisa mengakibatkan tifus semakin parah, begitu juga dengan makanan asam.

 6. Makanan lunak

makanan untuk penderita tifus bubur

Seringkali disarankan bagi penderita tifus untuk mengonsumsi makanan dalam keadaan lunak. Hal tersebut karena seseorang dengan penyakit tifus mengalami gangguan pada ususnya. Untuk mengurangi risiko terjadinya iritasi yang semakin tidak diinginkan, maka dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lunak seperti bubur, nasi yang dimasak dengan banyak air, nasi tim, puding dan lain sebagainya.

 7. Makanan tinggi protein

Bagi seseorang yang sedang mengalami tifus akan membuat tubuh lemah, karena itu selain karbohidrat mereka memerlukan protein yang bisa meningkatkan tenaga oleh tubuh. Anda bisa mengambil manfaat dari protein hewani dan protein nabati. Sumber protein yang baik bagi tubuh antara lain kacang kedela, daging ayam yang direbus, hati ayam dan margarin.

Jika di atas adalah beberapa jenis makanan yang disarankan bagi penderita tifus, maka berikut ini akan kita bahas tips tambahan mengenai bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi tifus, yaitu:

8. Daun tanaman pare

Daun tanaman pare diketahui kaya akan protein, mineral dan vitamin. Kemampuan daun pare dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh bisa membantu mengatasi penyakit tifus Anda. Selain tifus, daun tanaman pare juga dikenal sangat berguna bagi penderita malaria.

Cara untuk menggunakan daun tanaman pare sebagai obat cukup mudah untuk dilakukan di rumah Anda, Berikut langkah-langkah untuk membuat ramuan dari daun pare:

  • Letakkan beberapa helai daun pare ke dalam sebuah wadah, kemudian tumbuk dan tambahkan satu cangkir air.
  • Peras daun pare tersebut hingga mendapat satu cangkir esktrak daun pare.
  • Minum ekstrak daun pare tersebut secara rutin sebanyak dua kali dalam sehari.
  • Lakukan langkah tersebut hingga gejala tifus hilang.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak

9. Lemon

makanan untuk penderita tifus lemon

Kali ini kita akan membahas mengenai manfaat buah lemon sebagai bahan alami untuk tifus. Namun sebelum membahas lebih lanjut, pastikan bahwa lemon ini diberikan pada penderita tifus yang sudah dalam masa pemulihan karena rasa lemon yang asam mungkin memberikan efek yang kurang baik bagi penderita tifus.

Lemon memang memiliki manfaat saat seseorang sedang dalam masa pemulihan dari tifus. Lemon dapat membantu saluran pencernaan karena lemon adalah suatu jenis desinfektan. Selain alasan tersebut, vitamin C dalam lemon juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sangat dibutuhkan bagi orang yang baru sembuh dari sakit.

Cara menggunakan lemon sebagai bahan alami untuk tifus cukup mudah.

  • Ambil air lemon dan dicampur dengan setengah sendok teh madu.
  • Anda juga bisa mengambil alternatif untuk minum air yang sudah di dalamnya diberikan beberapa iris lemon.
  • Langkah tersebut bisa dilakukan dalam masa pemulihan, atau sekitar satu minggu setelah sembuh dari sakit tersebut.

Di atas adalah beberapa daftar rekomendasi makanan untuk penderita tifus yang disarankan. Selain itu, Anda juga bisa mencoba tips tambahan yang telah disebutkan di atas untuk mengatasi penyakit tifus.

Pencarian Masuk:

  • resep makanan penderita tipes
  • makanan untuk penderita tipes
  • resep masakan penyakit tipes
  • resep menu makanan penderita typus
  • resep masakan untuk orang sakit tipes
  • makanan penderita tipes
  • resep masakan untuk tipes
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.