Situs Tips Kesehatan dan Kecantikan Alami

10 Makanan Yang Dapat Membuat Gemuk

makanan yang membuat gemuk

Menjadi gemuk mungkin merupakan hal yang paling banyak ditakuti oleh para kaum hawa. Betapa tidak, dangan lemak berlebih di bagian tubuh seperti lengan, pipi, paha, dan perut seringkali menimbulkan rasa tidak percaya diri terhadap penampilan.

Baca Juga: Makanan Rendah Kalori Untuk Tubuh Sehat 

Daftar Makanan Yang Membuat Gemuk

Jika Anda sedang berdiet, ada baiknya untuk menhindari 10 makanan yang kelihatannya tidak berlemak namun ternyata dapat membuat gemuk berikut :

1. Sereal Sarapan

Sering menemukan sereal dengan label sehat? Sebaliknya, justru kebanyakan sereal adalah makanan terbuk yang banyak dikonsumsi orang di pagi hari. Hal ini disebabkan karena kandungan gula pada sereal yang rata-rata cukup tinggi. Gula dan karbohidrat yang terkandung dalam sereal ini seringkali menjadi penyebab seseorang lebih gemuk setelah rutin mengonsumsinya.

Memulai hari dengan konsumsi gula yang tinggi juga akan menaikkan kadar gula darah dan insulin. Kemudian, beberapa jam setelah sarapan tubuh Anda akan ‘meminta’ tambahan snack untuk mempertahankan jumlah kadar gula dalam darah.

Untuk menghindarinya, baca komposisi penyusun sereal sebelum Anda membelinya. Bahkan untuk yang berlabel low-fat dan terbuat dari gandum pun, pada kebanyakan kasus mengandung gula ddengan kadar tinggi. Carilah sereal yang tidak mengandung terlalu banyak gula jika memang Anda sudah sangat nyaman sarapan dengan sereal.

2. Roti Gandum Utuh

makanan yang membuat gemuk roti gandum utuh

Roti gandum utuh memang lebih baik, setidaknya untuk roti gandum olahan. Namun, masalah yang terjadi pada kebanyakan kasus makanan dengan gandum adalah tidak dibuat dari gandum utuh sungguhan. ‘Gandum utuh’ secara industrial adalah gandum yang telah digerus menjadi tepung yang sangat halus, sehingga mudah dicerna dan mudah pula menaikkan kadar gula darah.

Baca Juga: Cara Mengatasi Perut Kembung Dengan Mudah

Gandum utuh memiliki indeks glikemik yang menunjukkan seberapa cepat ia menaikkan kadar gula darah. Faktanya,roti gandum utuh sama cepatnya dengan roti biasa dalam menaikkan kadar gula darah. Dengan promosi kandungan seratnya pun tidak cukup membantu karena tidak menyebabkan perbedaan yang berarti saat sudah masuk ke sistem pencernaan.

3. Granola

Pernah memakan snack sehat berupa campuran oat dan kacang yang dipadatkan serta dicampurkan dengan sedikit buah-buahan kering? Mengejutkan, ternyata demikian pula makanan yang mengandung granola ini dapat menyebabkan Anda gemuk.

Walaupun jika diolah dengan bahan yang benar-benar alami granola dapat menyehatkan, namun tidak dengan produk industrial yang menyebabkannya tidak lagi sehat, karena adanya penambahan gula dan minyak yang dapat menarik konsumen untuk membelinya, serta menyebabkan konsumsi dalam jumlah berlebihan (over konsumsi).

4. Jus Buah

Cukup heran mengapa jus buah dapat dikategorikan dengan makanan yang dapat membuat Anda gemuk? Sebetulnya tidak, jika dan hanya jika jus buah yang Anda konsumsi adalah jus buah asli tanpa tambahan apapun, seperti gula dan es yang berlebihan.

Apalagi jika dijual di restoran dan kedai jus buah yang mengutamakan rasa dibandingkan kesehatan, jus buah seringkali ditambahkan dengan gula yang jumlahnya sangat berlebihan sehingga manisnya tak ada dua. Coba saja sesekali Anda memesan jus buah tanpa gula, rasanya terkadang aneh, asam, atau bahkan sedikit pahit.

Gula yang terkandung dalam buah sebenarnya baik karena dapat bergabung dengan dinding sel yang berpori dan mencegah terlalu banyak gula masuk ke dalam aliran darah. Sementara sukrosa (gula pasir) atau gula biang buatan menyebabkan efek yang sama seperti halnya dengan gula pada sereal.

5. Minuman Bersoda

Minuman bersoda dengan kandungan gas karbondioksidanya memang menyegarkan apalagi diminum di siang hari yang panas. Beberapa minuman bersoda memiliki label berupa ‘soda diet’ yang rendah gula.

Namun, tahukah Anda bahwa ternyata walaupun rendah gula, tetap saja soda tersebut mengandung gula yang cukup banyak, hanya saja Anda tidak dapat merasakannya dengan lidah karena rasanya bercampur dengan gas yang terkandung di dalamnya.

Gula tersebut juga kebanyakan berupa gula buatan yang dapat menstimulasikan rasa lapar pada kebanyakan orang. Walaupun tercantum gula tersebut tidak memiliki nilai kalori, namun Anda akan mendapatkan tambahan kalori dari makanan yang Anda konsumsi setelahnya karena merasa lapar.

6. Kentang

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada The New England Journal of Medicine membuktikan bahwa kentang yang diolah menjadi keripik kentang dan produk lainnya merupakan makanan utama yang dapat membuat seseorang gemuk.

Dalam penelitian tersebut, semua jenis olahan kentang dapat membuat seseorang lebih gemuk. Setiap porsinya, kentang dapat menaikkan berat badan seseorang hingga sekitar 1,5 kg.

Baca Juga: Cara Diet Sehat Golongan Darah B

7. Alkohol

Alkohol dapat menyabkan kegemukan pada seseorang, karena menghambat pembakaran lemak di dalam tubuh sebagai akibat dari meningkatnya hormon kortisol yang mempertahankan kadar lemak di dalam tubuh.

Selain itu, alkohol juga dapat merusak otot yang menyebabkan metabolisme tubuh berjalan lebih lambat. Semakin lambat metabolisme seseorang berlangsung, biasanya ia akan semakin gemuk. Selain itu pula, alkohol dapat menurunkan kadar hormon testosteron yang dapat membantu pembakaran lemak.

8. Keju

makanan yang membuat gemuk keju

Keju merupakan olahan susu yang dipadatkan. Dari 10 kg susu yang diolah, biasanya hanya akan dihasilkan 1 kg keju, yang di dalamnya sangat kaya akan nutrisi termasuk lemak.

Keju termasuk salah satu makanan yang sulit diolah oleh tubuh. Pencernaan yang kurang baik dapat menyebabkan kenaikan berat badan, karena lemak pada keju mengandung 9 kalori per gram, sedangkan protein dan karbohidrat hanya mengandung 4 kalori per gramnya.

Apalagi jika digabungkan dengan kentang goreng, walaupun rasanya sangat menggoda, keju dapat menjadi salah satu penyebab kegemukan paling besar di dunia.

9. Daging Olahan

Daging olahan yang diproduksi secara industrial seperti sosis atau hot dog misalnya, sangat kaya akan kalori, lemak, dan natrium. 60% kalori dari daging olahan berasal dari lemak, yang hampur setengahnya merupakan lemak jenuh dengan setiap ons mengandung 30 mg kolesterol.

Terlalu banyak garam natrium di dalam tubuh dapat menyebabkan cairan tertahan di bagian lengan dan paha yang tentunya membuat penampilan Anda menjadi kurang menarik.

10. Gula Putih (Sukrosa)

Gula tidak memiliki kandungan vitamin atau mineral, hanya kumpulan dari kalori-kalori yang dapat mendukung pembentukan lemak di dalam tubuh.

Saat kadar gula di dalam darah meningkat, otak juga ikut merasakan tingginya kadar gula tersebut dengan lebih merasa bersemangat. Tetapi setelah beberapa saat Anda berhenti mengonsumsi gula dan kandungan gula dalam darah menurun, otak akan mendapatkan stimulasi agar terus memikirkan makanan yang manis-manis.

Itulah tadi 10 jenis makanan yang dapat membuat gemuk. Sudah tahu kan, harus menghindari apa saja untuk membuat tubuh tetap terlihat ideal?

Pencarian Masuk:

  • 9 jenis makanan yang membuat gemuk
  • makanan yang bikin gemuk
  • makanan yang membuat gemuk
  • kentang buat gemuk
  • makananan yg gampang dicerna tidak bikin gemuk
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.