Situs Tips Kesehatan dan Kecantikan Alami

10 Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil Dan Janin Yang Ada Di Kandungan

manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Air kelapa memang menyegarkan diminum di hari yang panas. Selain memberikan energi kesegaran, juga terdapat berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun apakah air kelapa juga aman untuk diminum oleh ibu yang sedang hamil?

Jawabannya adalah ya! Tentu saja. Selain aman, bahkan air kelapa dengan kandungan vitamin dan mineralnya memiliki berbagai manfaat untuk seorang ibu yang sedang mengandung. Meminum air kelapa selama trisemester pertama kandungan dapat mengurangi dehidrasi akibat morning sickness.

Baca Juga: Makanan Ibu Hamil Agar Anak Cerdas Dan Pintar

Walaupun air kelapa dapat diminum kapanpun, namun ternyata saat terbaik meminumnya adalah di pagi hari saat perut masih kosong, sehingga elektrolit dan nutrisi di dalamnya dapat diserap dengan mudah oleh tubuh. Dalam satu cup air kelapa (236 mL) terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut :

  • Kalori – 46 ccal
  • Natrium – 252 mg
  • Kalium – 600 mg
  • Karbohidrat – 8,9 gram
  • Serat – 2,6 gram
  • Gula – 6,26 gram
  • Kalsium – 6%

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

manfaat air kelapa untuk ibu hamil kelapa muda

Terdapat 10 jenis manfaat yang bisa didapatkan ibu hamil dengan kandungan nutrisi tersebut, namun hanya jika air kelapa diminum sewaktu masih segar langsung dari saat buahnya dipotong dan air kelapa belum lama berkontak dengan udara. Mau tahu apa saja kesepuluh manfaat tersebut? Yuk, mari kita simak.

1. Zat Diuretik Alami

Selama masa kehamilan, kadar asam urat dalam tubuh harus dalam kondisi normal. Air kelapa merupakan zat diuretik alami yang dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil, karena adanya kandungan kalium, magnesium, dan mineral. Zat diuretik alami ini juga membantu untuk menyapu racun keluar tubuh serta membersihkan jalur urinasi.

Sehingga dengan meminum air kelapa, fungsi ginjal pun terjaga dengan baik dan bebas dari infeksi. Karena jalur urinasi lebih bersih pula, maka kemungkinan lahir prematur pun menjadi lebih rendah.

2. Menyediakan Elektrolit Esensial

Kebutuhan cairan elektrolit ibu yang sedang hamil lebih besar dikarenakan kondisi yang menyertainya seperti mual dan muntah (morning sickness) serta diare yang dapat membuat tubuh dehidrasi. Air kelapa merupakan sumber yang baik untuk 4 macam elektrolit yang dibutuhkan tubuh ibu hamil, yaitu natrium, kalsium, kalium, dan fosfor.

Keempat macam mineral tersebut dapat memiliki efek menenangkan tubuh serta memberikan energi baru. Hal ini dikarenakan zat elektrolit dapat mentransmisikan muatan listrik di dalam tubuh yang membantu otot befungsi secara maksimal.

Zat elektrolit ini juga membantu menjaga pH tubuh tetap normal serta mengontrol tekanan darah tetap stabil.

3. Meringankan Rasa Mulas dan Konstipasi

Perubahan hormon selama masa kehamilan menyebabkan ibu hamil sering merasa  mual, konstipasi, serta pencernaan yang tidak sempurna. Kandungan serat pada  air kelapa dapat memperlancar sistem pencernaan, meningkatkan kemampuan organ-organ untuk mencerna makanan, serta mencegah konstipasi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Air kelapa secara alami merupakan zat penetral asam yang berfungsi untuk mencegah rasa mulas. Air kelapa juga digadang-gadang sebagai zat pencahar ringan yang meningkatkan metabolisme serta dapat mendetoksifikasi tubuh.

4. Mengobati Infeksi

Satu lagi kandungan air kelapa yang bermanfaat untuk tubuh, yaitu asam laurat. Asam laurat merupakan asam lemak rantai medium yang membantu produksi antivirus monolaurin. Bekerja sama dengan vitamin, antioksidan, dan mineral yang juga terkandung dalam air kelapa, asam laurat menjaga jumlah bakteri baik dalam tubuh.

Menurut Michelle-Lee Young dalam bukunya yang berjudul ‘Two Trees and Twelve Fruits That Will Change Your Life Forever’, asam laurat merupakan asam yang mampu memerangi bakteri dan virus berbahaya seperti influenza dan HIV. Oleh karena itu, ibu dan janin dapat terhindar dari penyakit-penyakit karena virus dan bakteri.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kadar elektrolit yang rendah dapat pula menurunkan tekanan darah. Dengan meminum air kelapa, kadar kalium, magnesium, dan asam laurat dalam tubuh bertambah, yang dapat menjaga peredaran darah dalam tubuh tetap stabil, juga meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) serta menekan kadar kolesterol jahat (LDL).

Satu gelas air kelapa setiap hari selama trisemester terakhir dapat mengurangi ketegangan pra hari melahirkan yang biasanya diikuti dengan kenaikan tekanan darah. Oleh karena tekanan darah stabil dan sirkulasinya berjalan lancar, jantung pun menjadi lebih sehat.

6. Menjaga Berat Badan yang Tetap Sehat

Kenaikan berat badan tidak dapat dihindari oleh ibu yang sedang mengandung, oleh karenanya, dibutuhkan pencegahan terhadap akumulasi lemak yang kurang baik bagi tubuh, berupa low density cholesterol (kolesterol jahat). Air kelapa bisa menjadi salah satu solusinya.

Selain bebas dari lemak, kalori yang terkandung dalam air kelapa juga sangat rendah sehingga sangat baik sebagai pengganti minuman dengan kadar gula tinggi dan juga menjaga janin berkembang dengan sehat dan bugar.

7. Minuman Alami Yang Menyehatkan

Air kelapa yang diminum langung dari buahnya merupakan minuman alami yang tidak mengandung bahan perasa atau tambahan lainnya yang bisa jadi berbahaya bagi ibu hamil.

8. Menggantikan Energi dengan Cepat

Air kelapa kerap disebut sebagai minuman isotonik, yang dapat mengembalikan energi tubuh dengan cepat saat seseorang mengalami dehidrasi hingga kelelahan. Air kelapa sangat baik untuk merevitalisasi tubuh.

Ibu yang sedang hamil biasanya sangat mudah lelah apalagi jika banyak berjalan, dikarenakan berat tubuh yang harus ditopang juga bertambah. Air kelapa sebagai cairan isotonuk membantu mengembalikan energi yang hilang dan juga meningkatkan elastisitas kulit, sehingga meminimalkan stretch mark yang terbentuk selama kehamilan.

Baca Juga: Pantangan Ibu Hamil Muda, Jangan Sampai Anda Melakukannya!

9. Mempercepat Pertumbuhan Janin

Kandungan nutrisi yang berlimpah dari air kelapa sangat membantu untuk menjaga serta meningkatkan kesehatan ibu dan kanin, sehingga pertumbuhan janin di dalam rahim pun tidak terhambat dan lebih sehat.

10. Meningkatkan Kadar Cairan Ketuban

Meminum air kelapa selama trisemester terakhir terbukti dapat meningkatkan kadar cairan ketuban, sehingga menciptakan lingkungan yang nyaman bagi bayi untuk tumbuh. Selain itu, volume darah juga bertambah dan sirkulasi lebih lancar.

Itulah tadi kesepuluh manfaat kelapa bagi ibu hamil. Untuk memilih kelapa yang baik, pilihlah yang ukurannya sedang dan warnanya hijau terang. Jangan memilih yang kulitnya terdapat goresan-goresan cokelat karena hal tersebut menandakan kelapa sudah cukup tua dan kurang segar.

Anda juga bisa menggoyangkan kelapa di dekat telinga dan merasakan apakah airnya cukup banyak. Pilih yang mempunyai bunyi seperti air tumpah. Jika ingin menyimpan kelapa di rumah, simpanlah di tempat yang dingin dan tidak terkena sinar matahari langsung.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.