Situs Tips Kesehatan dan Kecantikan Alami

14 Manfaat Biji Kelengkeng Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Tahu

manfaat buah kelengkengSiapa yang tidak suka buah kelengkeng? Buah yang dalam bahasa Inggris bernama longan ini memang sangat manis dan mudah dimakan. Dagingnya mirip dengan rambutan dan leci, karena memang masih dari Famili tanaman yang sama.

Buah kelengkeng berasal dari negeri bambu kuning, dalam tulisan Cina (pinyin), buah ini berarti ‘mata naga’ (dragon eye), karena dari bijinya yang hitam terdapat titik putih yang terlihat seperti mata naga. Di negara-negara Asia Tenggara juga dikenal sebagai saudara kecilnya buah leci.

Baca Juga: Makanan Untuk Menambah Berat Badan Yang Direkomendasikan

Kandungan Dan Manfaat Buah Kelengkeng

manfaat buah kelengkeng biji kelengkeng

Buah kelengkeng memang mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi tubuh, diantaranya sebagai berikut (untuk ukuran 100 gram kelengkeng):

  • 82,75 gram Air
  • 60 kkal Energi
  • 1,31 gram Protein
  • 1 mg Kalsium
  • 13 mg Zat Besi
  • 10 mg Magnesium
  • 21 mg Fosfor
  • 266 mg Kalium
  • 84 mg Vitamin C

Dengan berbagai kandungannya tersebut, buah kelengkeng memiliki berbagai manfaat, seperti :

1. Nutrisi yang Baik Untuk Darah.

Kandungan zat besi dalam kelengkeng mampu menjadi nutrisi bagi darah di dalam tubuh. Lebih-lebih diketahui bahwa kadar zat besi ini 20 kali lebih besar dibandingkan anggur dan 15 kali lebih baik dibandingkan zat besi dari bayam.

2. Mempercepat Proses Penyembuhan Peradangan.

Zat polifenol yang dikandung oleh kelengkeng mampu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan. Juga dapat menurunkan risiko seseorang terkena penyakit kanker.

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah.

Sirkulasi darah dapat meningkat dengan mengonsumsi longan akibat zat besi yang dikandungnya. Oleh karena itu, memakan kelengkeng sangat baik untuk Anda yang menderita anemia

4. Rendah Lemak dan Kalori.

Kelengkeng menjadi salah satu pilihan buah sehat yang dapat mengurangi kadar lemak dan kolesterol dalam tubuh. Kandungan karbohidrat kompleksnya juga dapat meningkatkan energi tubuh, menambah stamina, dan mengurangi rasa ingin makan. Setengah cangkir buah kelengkeng hanya mengandung 35 kalori, membuatnya menjadi hidangan yang cocok dikonsumsi saat diet.

5. Mencegah Influenza.

Kandungan vitamin C nya yang juga cukup tinggi membuat kelengkeng dapat menjaga tubuh dari serangan virus influenza dan meningkatkan sistem imun.

Baca Juga: Zat Aditif Jenis Makanan Yang Perlu Anda Tahu

6. Baik Untuk Kecantikan Kulit.

Buah kelengkeng dikenal memiliki sifat anti penuaan dini dan telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan kulit, terutama kulit di bagian sekitar mata, mengurangi kulit terkelupas, serta mencerahkan kulit.

7. Anti-depressant.

Tidak kalah dengan berbagai manfaat daging buahnya, ternyata biji kelengken pun bisa dimanfaatkan kembali, contohnya sebagai berikut :

8. Menangani Bisa Ular

Di negara-negara Asia Selatan, biji kelengkeng ternyata ampuh digunakan sebagai pertolongan pertama pada orang yang digigit ular.  Biji kelengkeng mempunyai satu mata tempat tumbuh pohon selanjutnya. Jika mata biji kelengkeng tersebut ditekankan ke bagian kulit yang digigit ular, maka selanjutnya bisa ular dapat diserap oleh biji kelengkeng sehingga menyelamatkan nyawa orang yang terkena gigitan.

Walaupun kurang populer di Indonesia, namun di negara Vietnam pertolongan pertama ini cukup populer.

9. Bahan Baku Shampoo

Biji kelengken sangat kaya akan zat saponin. Saponin merupakan bahan kimia yang digunakan untuk memproduksi sabun. Di negeri China, biji kelengkeng digunakan sebagai bahan baku shampoo. Hal ini dikarenakan jika saponin bercampur dengan air, maka akan membentuk larutan yang mirip dengan deterjen yang diproduksi secara industrial.

Baca Juga: Manfaat Kuning Telur Untuk Kesehatan Dan Pencegahan Penyakit

10. Mengurangi Keringat Berlebih

Selain itu, siapa yang menyangka bahwa biji kelengkeng dapat mengurangi keringat berlebih pada tubuh? Hal ini dikarenakan kandungan saponin, tanin, dan lemak yang berfungsi untuk membuat jaringan tubuh semakin berdekatan sehingga keringat yang keluar dari tubuh pun berkurang.

11. Mencegah Kanker

Berdasarkan sebuah penelitian yang telah dipublikasikan dalam Journal of Nutrition, zat saponin dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker, juga membunuh sel tumor yang berpotensi menjadi kanker. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, biji kelengkeng mengandung saponin yang sangat berpotensi untuk melakukan hal ini. Namun sayangnya masih diperlukan riset lebih lanjut lagi untuk produksi ekstrak biji kelengkeng dalam jumlah besar.

12. Meningkatkan Fungsi Sistem Imun

Mengonsumsi lebih banyak saponin (yang terdapat pula dalam biji kelengkeng) dapat meningkatkan fungsi sistem imun, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam ACS Chemical Biology pada tahun 2010. Dalam penelitian tersebut, saponin dapat mematikan sel jamur seperti Candida albicans yang menjadi penyebab infeksi di dalam tubuh. Saponin dalam biji kelengkeng dapat meningkatkan fungsi sistem imun untuk melawan virus dan parasit yang masuk.

13. Mencerahkan Kulit

Beberapa penelitian juga menduga ekstrak biji kelengkeng dapat dimanfaatkan di dunia kecantikan untuk mencerahkan kulit. Hal ini dikarenakan di dalamnya terkandung inhibitor tirosinase dalam jumlah cukup tinggi. Tirosinase merupakan enzim yang mengontrol jumlah produksi melanin, yang merupakan zat yang memberikan warna lebih gelap pada kulit. Dengan adanya inhibitor, maka jumlah produksi melanin pada kulit dapat ditekan sehingga kulit pun menjadi lebih cerah.

14. Mengurangi Asam Urat

Sebuah penelitian yang dilakukan di Yuanpei University, Taiwan, membuktikan bahwa ekstrak biji kelengkeng dapat dimanfaatkan untuk mengurangi asam urat dan berbagai komplikasinya. Hal ini disebabkan oleh modulasi dari pembawa zat urat dan kemampuan biji kelengkeng untuk menghalangi beredarnya enzim xanthine oxidase, yang dapat mengubah zat xanthine menjadi asam urat.

Itulah tadi berbagai manfaat yang dapat diambil dengan memakan buah kelengkeng maupun manfaat dari ekstrak biji kelengkeng yang tidak terduga sangat banyak. Yuk, makan kelengkeng, tapi jangan berlebihan juga ya, karena kandungan gula pada daging buah yang cukup tinggi dapat membuat Anda batuk dan kadar gula darah sedikit meningkat.

Pencarian Masuk:

  • manfaat biji kelengkeng
  • Bolehkah biji kelengkeng dimakan
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.