Situs Tips Kesehatan dan Kecantikan Alami

10 Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan Yang Perlu Kamu Tahu

manfaat jambu merah

Sebuah peribahasa di Eropa dan Amerika ada yang menyebutkan bahwa, “An apple a day, keeps the doctors away” atau mengkonsumsi sebutir apel sehari dapat menjauhkan diri dari perawatan dokter. Namun, ternyata guava atau di yang lebih dikenal dengan jambu biji merah memiliki manfaat yang tak kalah kayanya.

Manfaat jambu biji merah yang merupakan tanaman buah yang sangat mudah di temui di negara-negara Asia, termasuk Indonesia ini antara lain adalah penanganan masalah diare, disentri ( tipikal diare yang membuat penderitanya sangat merasa kesakitan dan lemas), konstipasi atau masalah BAB yang keras, batuk pilek, tekanan darah tinggi bahkan juga membantu menurunkan berat badan dan sangat bagus untuk kulit. Ketersediaan buah ini di negara-negara barat meningkat terutama setelah kandungan manfaatnya diketahui, terlebih selain dapat dikonsumsi begitu saja, jambu biji merah dapat diolah dalam bentuk jus, smoothies, selai atau jeli.

Baca Juga: Menu Sarapan Untuk Diet Sehat

Manfaat Jambu Biji Merah

manfaat jambu merah jambu biji merah

Hal yang membuat buah ini istimewa adalah selain kemudahan akses memperolehnya di Indonesia, harganya yang terjangkau, rasa yang enak juga tanaman ini tidak memerlukan pestisida kimiawi berlebihan seperti anggur dan apel. Sehingga dapat dikonsumsi dengan perasaan aman.

Berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat buah jambu biji merah, yaitu antara lain :

1. Mengatasi Diabetes

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penderita diabetes tertinggi di dunia. Kandungan serat yang tinggi membantu meregulasi absorbs gula ke dalam tubuh serta menurunkan kemungkinan turunnya kadar insulin. Diabetes Tipe-2 yang merupakan jenis diabetes dengan perkembangan tertinggi berdasarkan penelitian juga dapat dicegah dengan rutin mengkonsumsi buah ini.

Selain itu, hipertensi atau tekanan darah tinggi yang merupakan komplikasi paling umum dari diabetes juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah jambu biji merah karena ia juga dapat menjaga kekentalan darah dan mencegah penebalan pembuluh darah. Kalium di dalamnya juga menjaga denyut nadi tetap dalam angka normal. Kandungan kolesterol jahat juga diduga dapat ditekan dengan mengkonsumsi buah ini.

2. Mencegah Kanker

Salah satu fungsi paling penting yang akhirnya terkuak pada buah ini adalah kemampuannya menghambat pertumbuhkan dan metastase (penyebaran) sel kanker. Sejumlah penelitian telah dilakukan selama beberapa tahun terakhir untuk mengetahui efek jambu biji merah pada kanker prostat, kanker payudara dan kanker mulut.

Baca Juga: Jenis Tanaman Apotek Hidup Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Bukan hanya buahnya, daun jambu biji merah juga sangat baik sebagai zat anti proliferasi dan menunjukkan efektifitas yang lebih baik daripada obat-obatan modern dalam menahan laju pertumbuhan sel kanker. Kandungan likopen didalamnya, dimana merupakan antioksidan yang sangat kuat, diketahui dapat mengurangi resiko kanker prostat dan kanker payudara-dua jenis kanker yang cukup populer di Indonesia.

3. Kesehatan Mata

manfaat jambu merah mata sehat

Kandungan vitamin A yang terkenal membantu kemapuan visual mata sangat banyak di dalam buah jambu biji merah. Ia juga dapat membantu memperlambat kejadian katarak, degenerasi macular dan menjaga kesehatan umum mata. Tidak hanya memperlambat degradasi penglihatan, namun juga meningkatkan penglihatan begitu mulai mengalami degradasi.

4. Kesehatan Otak

Vitamin B3 (niasin) didalamnya dapat meningkatkan aliran darah dan menstimulasi fungsi kognitif sementara B6 sangat berguna sebagai nutrisi alami otak dan fungsi saraf. Sehingga, mengkonsumsi jambu biji merah akan membantu Anda untuk lebih fokus.

5. Mengurangi Batuk dan Pilek

Sebagai negara tropis, keluhan gangguan kesehatan ini cukup sering terjadi. Haluskan daging buahnya yang masih sedikit mengkal atau rebusan daunnya dapat mengurangi produksi mucus (lendir), mengatasi masalah infeksi di saluran pernafasan, kerongkongan dan paru-paru serta menghambat aktivitas bakteri dengan fungsi astrigen yang dimilikinya.

Kandungan vitamin C dan zat besi yang paling tinggi diantara buah-buahan lainnya telah terbukti mencegah infeksi virus (immunity booster) dan melawan penyebab flu. Sementara itu, buah yang matang sebaiknya dihindari pada penderita gangguan ini termasuk kebiasaan untuk segera minum air setelah memakan buah ini karena akan menyebabkan tenggorokan terasa tidak nyaman.

6. Kecantikan Kulit

Iklan mengenai manfaat jus buah jambu untuk kesehatan kulit tidak berlebihan, namun alangkah baiknya jika Anda memiliki waktu untuk mengolahnya sendiri dari produk alami. Jambu biji merah dapat meningkatkan tekstur kulit dan mencegah beberapa masalah kesehatan kulit seperti kerutan, jerawat atau penuaan dini lebih baik daripada krim kecantikan dengan kandungan astrigentnya yang luar biasa.Kandungan ini lebih banyak ditemukan pada buah yang masih belum terlalu matang dan pada daunnya.

Kandungan mangan akan mendorong penyerapan nutrisi makanan yang lebih optimal. Caranya dengan memakannya langsung sehingga akan mengencangkan otot kulit dari dalam atau dengan mengoleskannya. Kandungan lainnya berupa vitamin A, B, C dan potassium juga akan menstimulasi kulit untuk tetap bercahaya.

7. Konstipasi dan mengatasi susah BAB

Biji jambu jika sampai tertelan, baik dalam bentuk utuh maupun dihaluskan dapat membantu fungsi usus dan mendorong proses BAB yang lebih baik.

Baca Juga: Cara Mengatasi Perut Kembung Dengan Mudah

8. Mengatasi Stres

Magnesium di dalamnya dapat membantu menyegarkan otot dan saraf tubuh sehingga baik dikonsumsi setelah atau sedang melakukan aktivitas yang cukup berat sebagai penunda lapar dengan nutrisi optimal. Otot dan saraf yang rileks akan menurunkan kadar stress tubuh sehingga orang yang mengkonsumsinya akan merasakan efek yang ringan dan nyaman.

9. Menurunkan berat badan

Melakukan diet tidak harus dengan mengkonsumsi makanan yang serba hambar. Mengganti cemilan diet Anda dengan buah jambu biji akan mendorong rasa kenyang, menunda lapar, perolehan nutrisi maksimal dan meskipun rasanya manis, kandungan gula di dalamnya terbukti lebih rendah daripada apel, anggur ataupun jeruk.

10. Manfaat lainnya

Jus daun buah jambu biji telah diketahui membantu menyembuhkan sakit gigi, pembengkakan gusu dan masalah mulut lainnya, sementara bila digunakan sebagai pemakaian luar dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Kejang, epilepsi, demam berdarah juga merupakan masalah yang sering diatasi dengan memanfaatkan kandungan buah dan daun jambu biji merah (guava).

Ibu hamil yang memiliki akses jauh terhadap pelayanan kesehatan atau kurang memperoleh tambahan asupan folat juga dapat mendapatkan 20% kandungan folat harian dari buah ini, kandungan ini berfungsi mencegah bayi lahir dengan kecacatan saraf dan meningkatkan kesuburan calon ibu.

Demikianlah manfaat dari buah jambu biji merah (guava), tidak ada alasan untuk tidak mencoba segudang manfaat dengan memasukkannya ke dalam menu Anda, kan ?

Pencarian Masuk:

  • manfaat jambu biji merah
  • manfaat jambu merah
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.