Situs Tips Kesehatan dan Kecantikan Alami

10 Penyebab Haid Tidak Teratur Yang Wajib Anda Tahu

penyebab haid tidak teratur

Banyak wanita mengalami masalah haid tidak lancar. Adapaun penyebabnya sangatlah beragam dan berbeda-beda di masing-masin gorang. Kebanyakan dari mereka hanya mencari solusi jangka pendek saja dengan cara mengkonsumsi obat pereda rasa sakit saat haid tapi tidak tahu tentang apa penyebab haid tidak teratur. Selain itu, haid tidak teratur atau tidak lancar bisa saja merupakan indikasi awal terhadap penyakit-penyakit yang lain terutama yang berhubungan dengan kesuburan. Perlu diketahui juga terdapat beberapa golongan tipe haid yang tidak teratur:

  • Metrorrhagia yaitu suatu kondisi dimana walaupun menstruasi rutin setiap bulan namun tidak teratur.
  • Oligomenorrhea merupakan kondisi ketika siklus mensturasi lebih panjang dari normal yaitu bisa lebih dari 35 hari.
  • Amenorrhea adalah kondisi ketika menstruasi berhenti selama 3 bulan atau lebih
  • Menometrorrhagia adalah kondisi dimana ketika menstruasi terlihat seperti pendarahan karena volume haid yang lebih banyak dan lebih lama.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita

Penyebab Haid Tidak Teratur

Saat haid tidak lancar dan tidak teratur banyak wanita kadang hampir tidak perduli karena hal tersebut mereka alami hampir setiap bulan, jadi sudah terbiasa. Sebenarnya kondisi seperti ini tidak bisa dibiarkan begitu saja dan perlu dicari tahu penyebabnya. Setelah diketahui penyebabnya akan mudah untuk mencari tahu solusinya. Beberapa penyebab haid tidak teratur yaitu antara lain:

1. Diet yang Buruk

Diet yang sehat tidak akan berpengaruh buruk kepada kesehatan namun diet yang buruk dapat menyebabkan gangguan pada haid menjadi tidak teratur. Diet yang buruk biasanya akan menyebabkan berat badan turun secara drastis dan menyebabkan malnutrisi akut atau kekurangan gizi yang tentunya akan mengganggu sistem keseimbangan tubuh selain itu diet yang buruk juga akan mengganggu pola makan. Pola makan yang terganggu akan berpengaruh pada gizi yang buruk yang dapat mengganggu kesuburan.

2. Ketidakseimbangan Hormon

Hormon yang tidak seimbang juga merupakan salah satu penyebab utama haid tidak lancar. Kasus seperti ini sering terjadi pada ibu menyusui dimana produksi hormon prolaktin cukup tinggi. Hormon ini dapat menekan kesuburan seorang ibu sehingga siklus menstruasi dapat terganggu.

Namun jika Anda tidak menyusui gangguan pada hormon sangatlah berbahaya, beberapa tindakan seperti terapi hormon bisa dilakukan walaupun tentunya hal tersebut masih belum bisa menjamin hormon Anda kembali seimbang karena produksi hormon erat kaitannya dengan pola hidup sehari-hari.

3. Terdapat Gangguan pada Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid memiliki fungsi untuk mengatur metabolisme tubuh. Semua orang pasti sudah tahu jika sistem metabolisme terganggu maka seluruh aspek di dalam tubuh juga akan terganggu, tidak terkecuali siklus menstruasi.

4. Stress

penyebab haid tidak teratur karena stress

Stress adalah penyebab paling umum yang dapat menyebabkan haid tidak teratur. Sebenarnya, stress merupakan salah satu penyebab utama berbagai macam penyakit serta gangguan sistem tubuh salah satunya adalah siklus menstruasi pada wanita. Tidak ada solusi lain untuk menangani masalah ini jika penyebabnya adalah stress kecuali mengurangi tingkat stress tersebut dan jika memungkinkan hindari segala jenis hal yang dapat memicu stress.

Baca Juga: Penyebab Menstruasi Tidak Teratur Yang Harus Kamu Tahu

5. Jamur/Penyakit

Penyakit dan jamur juga bisa menjadi penyebab terganggunya siklus menstruasi sehingga haid menjadi tidak lancar atau tidak teratur. Hal ini tidak bisa dibiarkan saja karena jamur dapat menyebar dan dapat menyebabkan penyakit-penyakit lain. Kasus terburuk adalah berkembangnya sel-sel kangker.

6. Olahraga berlebihan

Olahraga memang sehat namun jika dilakukan secara berlebihan justru dapat menyebabkan beberapa gangguan pada sistem tubuh. Oleh karena itu banyak kasus para atlet yang mengalami gangguan pada siklus menstruasi mereka dikarenakan jadwal kegiatan fisik yang sangat padat serta menguras tenaga. Karena kelelahan juga salah satu faktor utama haid menjadi tidak lancar atau tidak teratur. Pastikan Anda berolah raga secara cukup.

7. Menopause

Salah satu gejala awal menopause adalah terjadi ketidakseimbangan hormon dan perubahan kadarnya. Kondisi ini tentu saja dapat menyebabkan haid menjadi tidak teratur atau jarang-jarang sampai pada akhirnya wanita tidak akan lagi mengalami mensturasi sama sekali yang kemudian memasuki masa menopause.

8. Alat Kontrasepsi

Banyak ibu yang memutuskan untuk berhenti menggunakan alat kontrasepsi akan mengalami haid yang tidak teratur dan tidak lancar. Hal ini masih dianggap normal karena efek samping penggunaan alat kontrasepsi memang berpengaruh pada hormon. Sehingga ketika pemakaian dihentikan tubuh tetap membutuhkan waktu untuk menyesuaikan kondisi tanpa alat kontrasepsi. Namun jika kondisi terus berlangsung dan sang ibu tak kunjung hamil, perlu segera diperiksakan ke dokter. Oleh karena itu kontrasepsi alami sangatlah dianjurkan.

9. PCOS atau Sindrom Ovarium Polikistik

Sindrom ini termasuk umum ditemukan yaitu suatu kondisi dimana terdapat kista kecil di dalam indung telur yang kemudian akan berpengaruh pada produksi hormon pada tubuh. Ketidakseimbangan hormon akan berpengaruh pada siklus haid selain itu karena adanya kista kecil tersebut proses pelepasan indung telur juga akan terganggu dan biasanya disertai dengan rasa nyeri yang berlebihan.

Baca Juga: Cara Hamil Anak Perempuan Secara Alami

10. Kelelahan

Kadang seorang wanita tidak menyadari bahwa yang dilakukannya sehari-harilah penyebab mengapa haid menjadi tidak lancar dan tidak teratur. Faktor kelelahan juga merupakan faktor utama yang sering kali diabaikan.

Jika Anda adalah salah satu dari sekian banyak wanita yang mengalami haid tidak teratur segeralah cari tahu penyebabnya. Kesepuluh penyebab haid tidak teratur di atas bisa Anda jadikan acuan untuk mencari tahu solusi apa yang tepat untuk mengatasinya. Namun jika Anda tidak bisa menemukan penyebabnya dari daftar di atas, menemui dokter ahli sangatlah direkomendasikan karena ditakutkan kondisi Anda saat ini merupakan indikasi-indikasi penyakit yang jauh lebih serius.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.