Situs Tips Kesehatan dan Kecantikan Alami

3 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur Yang Harus Kamu Tahu

penyebab menstruasi tidak teraturPenyebab menstruasi tidak teratur – Setiap wanita pasti menginginkan memiliki tubuh yang ideal. Faktanya, wanita lebih ketakutan terhadap berat badannya ketimbang laki-laki. Usaha ekstra pasti dilakukan untuk bisa mendapat tubuh idealnya. Tapi sayangnya usaha keras yang wanita lakukan untuk menurunkan berat badan dapat menjadi penyebab menstruasi tidak teratur.

Baca Juga: Penyebab Haid Tidak Teratur

3 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur Akibat Diet

Berikut beberapa proses diet yang dapat mengganggu kelancaraan datang bulan, yaitu antara lain;

1. Diet Yang Buruk

Diet dilakukan untuk mendapatkan pengurangan berat badan yang membuat pelakunya harus mengurangi konsumsi makanan dari yang biasa dimakan. Lemak merupakan salah satu unsur yang harus dikurangi secara signifikan jika menginginkan berat badannya berkurang. Tapi sayangnya pengurangan lemak pada tubuh dengan jumlah yang cukup besar dapat memberi efek yang kurang baik pada tubuh.

Diet dengan konsumsi lemak yang terlalu rendah, khususnya lemak omega-3 dapat memberi dampak negatif pada siklus menstruasi. Menurut sebuah penelitian, wanita yang tidak mengkonsumsi lemak omega-3 cenderung akan mengalami kecemasan, kembung, depresi, gugup, sakit kepala dan nyeri pada payudara sebelum masa periode menstruasi dari pada mereka yang mengkonsumsi lemak omega 3. Hal ini dapat menunjukan bahwa lemak omega 3 dapat menjadi faktor penting terhadap periode menstruasi seseorang.

Baca Juga: Pantangan Ibu Hamil Muda, Jangan Sampai Anda Melakukannya!

Penelitian lainnya mencatat bahwa diet rendah lemak mungkin membuat perempuan dapat kehilangan setidaknya tiga periode menstruasi secara berturut – turut. Dengan asupan lemak yang berkurang secara derastis, kalori yang didapat tubuh tentunya juga berkurang dengan signifikan. Berkurangnya jumlah energi ini tentu saja juga bisa menyebabkan menstruasi berhenti. Jika anda sedang menjalani diet ada baiknya selalu menjaga asupan energi yang ada sesuai untuk kebutuhan tubuh anda. Lakukan diet secara bertahap, yang mana tentunya dapat membantu anda menghindari menstruasi yang tidak teratur..

2. Olahraga Yang Berlebihan

penyebab menstruasi tidak teratur olahraga berlebihan

Olahraga dapat membuat tubuh anda tetap sehat dengan berbagai cara. Selain membantu menurunkan berat badan, olahraga juga membuat jantung tetap sehat dan tentunya menjaga mood anda selalu baik. Sayangnya, olahraga juga dapat memiliki efek negatif pada periode menstruasi anda.

Jika anda berolahraga secara berlebihan atau sampai terobsesi melakukan olahraga, tubuh anda akan membutuhkan asupan energi yang lebih untuk menutupi energi yang digunakan pada saat berolahraga. Olahraga membutuhkan jumlah enrgi yang cukup banyak. Ditambah ketika anda mengurangi asupan makanan anda karena sedang melakukan diet, tubuh akan memaksa  mengambil kebutuhan energi dari sumber yang lain dari tubuh anda.

Saat tubuh memaksa mendapatkan energi dari sumber lain, beberapa proses alami pada tubuh secara otomatis dipaksa untuk berhenti atau berlangsung tapi tidak optimal. Salah satu proses yang terganggu adalah menstruasi. Menstruasi tentunya juga memerlukan energi untuk menjalankan prosesnya. Tujuan utama menstruasi adalah untuk reproduksi. Sehingga jika kebutuhan energi untuk reproduksi terganggu, periode menstruasipun pastinya akan terganggu.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita

Pada dasarnya olahraga secara berlebihan pasti akan mebuat berat badan berkurang. Tetapi jika perubahan itu terjadi dalam sekali yang bisa dibilang ekstrim atau berlebihan, banyak fungsi organ pada tubuh akan terganggu. Walau bagaimana pun, tubuh tentunya tetap memerlukan lemak tubuh. Dan berkurangnya lemak tubuh dibawah 15% dapat mengakibatkan periode menstruasi terganggu.

3. Stres

Diet yang buruk dan diakhiri dengan kegagalan pasti dapat mengakibatkan stres bagi pelakunya. Usaha untuk mengurangi makanan-makanan favorit harus dilakukan guna mendapat pengurangan berat badan yang diinginkan. Secara tidak sadar tubuh dan juga fikiran akan bereaksi akan kurangnya asupan yang biasa didapatkan. Secara psikologi, seseorang tanpa sadar akan memerlukan cukup waktu untuk beradaptasi dengan gaya konsumsi makanan yang kita lakukan saat melakukan diet.

Ketidaksiapan psikis seseorang dengan makanan yang biasa didapat tentunya dapat menyebabkan stres yang mana akan mengganggu kelancaran periode menstruasi. Dalam keadaan tertekan secara emosional, periode seseorang tidak dapat terjadi seperti biasanya. ketika tingkat stres meningkat, ada kemungkinan bahwa periode menstruasi anda akan terhantu untuk sementara, kondisi yang dikenal sebagai amenore sekunder.

Sama halnya dengan diet yang melelahkan. Olahraga secara berlebihan juga dapat mengakibatkab stres. Tubuh dipaksa melakukan pekerjaan berat guna secara besar-besaran memangkas berat badan. Jika kelelahan secara fisik bisa diobati dengan istirahat yang cukup, kelelahan mental akan memerlukan lebih banyak cara untuk pengobatannya.

Ketidak siapan psikologi seseorang menyembuhkan kelelahan secara emosi akan memaksa orang tersebut berada pada keadaan stres akan hal yang dia hadapi. Begitu pula dengan stres yang terjadi akibat diet, stres akibat olahraga yang berlebih tentunya juga dapat mengakibatkan masalah seperti tidak lancarnya menstruasi orang tersebut.

Melakukan diet sah-sah saja dilakukan oleh seseorang asal dengan batasan yang wajar. Diet yang terlalu berat atau bisa dibilang buruk pastinya dapat mengakibatkan efek samping yang buruk juga pada tubuh seseorang tersebut. Begitu halnya dengan olahraga, lakukan olahraga sewajarnya untuk mendapatkan tubuh ideal secara perlahan. Dan yang tidak kalah penting, lakukan istirahat yang cukup guna menjauhkan diri dari stres.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.